KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

MENUJU MOU BAGI PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN

Ruang Kalpataru, 14 April 2010


Diskusi dibuka dan didampingi oleh Asdep Urs. Partisipasi Masyarakat dan Lembaga Kemasyarakatan Ir. Johny P. Kusumo, MBA yang dihadiri oleh Asisten Teritorial Mabes TNI Brigjend Lukman Sofyan dan diikuti oleh hampir semua unit Kedeputian terkait di Kementerian Lingkungan Hidup. Dalam diskusi ini disampaikan beberapa hal yang terkait dengan pengelolaan lingkungan hidup dan kegiatan-kegiatan pengelolaan lingkungan hidup dalam Tentara Nasional Indonesia. Di TNI Pengelolaan Lingkungan Hidup merupakan bagian dari Operasi Militer Indonesia dalam kegiatan non perang ,selain perang yang bertujuan untuk menjamin kedaulatan bangsa dan keutuhan wilayah NKRI demi kesejahteraan bagi masyarakat dan persahabatan dunia sampai ke persoalan ketahanan lingkungan hidup yang menjadi program prioritas Tentara Nasional Indonesia.

Didalam Pengelolaan Lingkungan Hidup, ada tiga aturan yang memiliki korelasi program antara lain di TNI ada Undang undang Nomor: 34 Tahun 2004 Tentang TNI, Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintah Daerah dan Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup yang semuanya harus diarahkan dalam rangka untuk mendukung Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2010 Tentang Prioritas Percepatan Pembangunan Nasional.

 

Semua unit terkait di Kementerian Lingkungan Hidup menyampaikan Apresiasi didalam diskusi tersebut dan hangat menyambut baik keinginan kerjasama antara Mabes TNI dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan bahkan beberapa pertanyaan dan masukan dari semua unit terkait merupakan bahasan yang akan dapat disinergikan didalam penyusunan rencana kegiatan yang akan diterjemahkan didalam pembuatan MoU (Memorandum of Undestanding) antara kedua lembaga. Peserta diskusi juga mengharapkan agar MoU tersebut tidak saja melibatkan kedua lembaga Mabes TNI dan KLH saja tetapi juga dapat diperluas ke lembaga Negara teknis lainnya seperti Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pertanian, Kementerian Kehutanan dan Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal.

Dalam mendorong pelaksanaan program/kegiatan TNI  memiliki 3 sasaran optimalisasi peran, antara lain:

  1. Optimalisasi peran Geografis yang meliputi Pengelolaan Sumberdaya Alam,
  2. Optimalisasi peran Demografi menyangkut penguatan Sumberdaya Manusia dan
  3. Optimalisasi peran KONSOS (Kondisi Sosial) menyangkut Peningkatan kesadaran jiwa nasionalisme, patriotisme dan   soliditas.Dalam melaksanakan optimalisasi peran tersebut TNI memiliki infrastruktur seperti sarana dan prasarana serta prajurit yang selalu siap membantu mengoptimalkan sumberdaya yang dimiliki oleh TNI untuk tujuan pengelolaan lingkungan hidup.

Untuk mengoptimalkan sumberdaya tersebut, TNI bersama Kementerian Lingkungan Hidup sepakat akan menindaklanjuti dengan merumuskan MoU (Memorandum of Undestanding)  yang nantinya akan terlebih dahulu dibentuk TIM Perumus yang keanggotaannya dari masing-masing unit terkait dari Mabes TNI dan KLH .Kegiatan penandatangan MoU tersebut direncanakan akan di laksanakan pada hari Lingkungan Hidup Sedunia, 5 Juni 2010.

Sumber:
Asdep Urs. Partisipasi Masyarakat dan Lembaga kemasyarakatan Deputi Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Lingkungan Hidup
Telp. 021-85904919 Fax. 021-8580087