KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Untuk kedua kalinya sejak ditandatanganinya Piagam Kerjasama pada tanggal 5 November 2002, Kementerian Lingkungan Hidup dan KADIN (Kamar Dagang dan Industri) Indonesia menyelenggarakan pertemuan coffee morning di Ruang AEBC, Menara KADIN Jakarta pada hari Kamis 11 Maret 2004. Kunjungan ini merupakan kunjungan Menteri yang pertama dalam kepengurusan KADIN baru, di bawah pimpinan Mohamad S. Hidayat sebagai Ketua Umum KADIN.

Pada pertemuan itu, Menteri Negara Lingkungan Hidup Bpk. Nabiel Makarim, MPA., MSM didampingi jajaran Eselon I, sedangkan dari pihak KADIN hadir para Wakil Ketua Umum, para Ketua dan Wakil Ketua Komite Tetap serta Dewan Pertimbangan KADIN. Pada diskusi dengan para pengusaha terlontar berbagai pertanyaan, informasi dan masukan terhadap permasalahan lingkungan hidup di Indonesia. Antara lain mengenai Corporate Social Responsibility (CSR), ketidakpastian peraturan yang menyebabkan investor ragu untuk melakukan investasi, usulan ditingkatkannya instrumen ekonomi untuk mendukung program pelestarian lingkungan, kebijakan pemerintah mengenai bensin tanpa timbel, mesin pengolah limbah domestik (Eco Recycle System) yang akan digunakan di beberapa hotel besar di Jakarta.

Namun satu hal yang pasti adalah pengusaha sepakat untuk mendukung upaya pelestarian lingkungan, karena aspek lingkungan merupakan salah satu key point dalam sektor riil. Untuk itu akan dibentuk Tim Kerja yang melibatkan KADIN dan KLH, agar konsep LH sesuai dengan aspirasi pengusaha.

Dalam kesempatan itu juga Menteri Negara Lingkungan Hidup menjelaskan dan meminta dukungan KADIN dalam program-program KLH seperti Program Bangun Praja, Warga Madani, PROPER, Program Langit Biru, Program Bank Pohon dan program lainnya.

Selain kegiatan coffee morning ini, sebagai tindak lanjut dari Piagam Kerjasama tersebut telah dilaksanakan berbagai kegiatan melalui Program Warga Madani antara sosialisasi lingkungan, penanaman pohon di lebih dari 15 kota, partisipasi di berbagai konferensi Internasional dan Indonesian Summit on Sustainable Development (ISSD).

Pertemuan ditutup dengan pemberian kenang-kenangan berupa payung kepada Menteri Negara Lingkungan Hidup dengan disaksikan, Ketua Komite Tetap Pelestarian Lingkungan Ilhamy Elias, Deputi Bidang Pengembangan Peran Masyarakat Ir. Arie D.D. Djoekardi dan Anggota Dewan Pertimbangan KADIN, Dr. Dewi Motik (srs).

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi :

Tuti Hendrawati
Asisten Deputi Urusan Masyarakat Perkotaan
Kementerian Lingkungan Hidup
Gedung B lantai 5
Tel : 021 85911211
Fax : 021 858 0087
Email : thm@menlh.go.id