KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Ternyata gerakan Soft-Power dalam pelestarian lingkungan semakin menggelinding. Simpul-simpul Soft-Power yang diusung oleh kalangan budayawan, seniman dan artis sebagai relawan berkomitmen untuk melestarikan lingkungan. Kerelawanan para budayawan, artis dan seniman tersebut dinyatakan dengan kesediaan mereka untuk menjadi duta-duta lingkungan di lingkungan KLH.

Semangat untuk memperjuangkan pelestarian lingkungan melalui pendekatan soft-power disampaikan dengan sentuhan-sentuhan nurani. Diharapkan dengan pendekatan tersebut rasa kepedulian masyarakat luas akan tumbuh dan menjadikan kesadaran untuk melestarikan lingkungan sebagai suatu gerakan sosial.

Lebih dari 40 artis, budayawan dan seniman berkumpul pada tanggal 3 Maret 2006 di Coffee Bross Lounge, Hotel Gran Kemang Jakarta untuk dinobatkan menjadi berbagai Duta Lingkungan dengan memfokuskan pada minat masing-masing. Pada kesempatan itu, Menteri Negara Lingkungan Hidup, Ir. Rachmat Witoelar, menobatkan para duta yaitu:

1. Duta Keasrian Lingkungan:
Dewi Sandra, Mona Ratuliu, Ebiet G. Ade dan Lula Kamal yang akan bekerja sama dengan Deputi I KLH.

2. Duta Adipura:
Dian Sastro, Djaduk Ferianto, Marcell, Katon Bagaskara, Ronald, Dina Lorenza dan Woman yang akan bekerja sama dengan Deputi II KLH.

3. Duta Lingkungan Indonesia Hijau:
Paramitha Rusady, Nugie, Angelina Sondakh, Slank dan Titi Kamal yang akan bekerja sama dengan Deputi III KLH.

4. Duta Lingkungan Industri Hijau:
Cornelia Agatha, Titi DJ, Andien, Maudy Koesnaedi dan Nurul Arifin yang akan bekerja sama dengan Deputi IV KLH.

5. Duta Penaatan Hukum Lingkungan:
Radhar Panca Dahana, Iga Mawarni, Wanda Hamidah, Marissa Haque dan Rahma Sarita yang akan bekerja sama dengan Deputi V KLH.

6. Duta Lingkungan Masyarakat Madani:
Ratih Sang, Ray Sahetapy, AB. Three, Ayu Utami, dan Nani Widjaya yang akan bekerja sama dengan Deputi VI KLH.

7. Duta Insan Berwawasan Lingkungan:
Rieke Dyah Pitaloka, Butet Kertarajasa, Dick Doang, Kak Seto, Valerina Daniel, dan Dessy Ratnasari akan bekerja sama dengan Deputi VII KLH.

Pada kesempatan acara tersebut sekaligus juga merupakan acara syukuran atas penghargaan The Zayet Prize for Environmental Action Leading to Possitive on Society yang diberikan kepada Prof. Dr. Emil Salim.

Selamat bekerja para Duta KLH!

Informasi:

Staf Ahli Menteri Bidang Sosial Budaya dan Kemitraan
Tel/fax: 021-85907086
henribastaman@menlh.go.id