KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Jakarta, 1 Juni 2013, Kementerian Lingkungan Hidup kembali menyelenggarakan Kegiatan Eco Driving pada hari ini tanggal 1 Juni 2013 di Parkir Timur Gelora Bung Karno, yang merupakan rangkaian kegiatan Pekan Lingkungan Indonesia yang ke-17 yang akan berlangsung pada tanggal 30 Mei – 2 Juni 2013.

Kegiatan pelatihan Eco-Driving ini merupakan bagian dari upaya Kantor Kementerian Lingkungan Hidup-RI untuk mempromosikan upaya efisiensi/penghematan bahan bakar (energi) kepada masyarakat luas.

Eco-Driving adalah suatu cara untuk memperlakukan/mengemudikan kendaraan bermotor sesuai dengan teknologi / karakter kendaraan tersebut sehingga tercapai effisiensi yang maksimal. Dengan kata lain Eco-Driving adalah gaya mengemudikan kendaraan yang cerdas selaras dengan teknologi mesin dan transmisi kendaraan. Aplikasi Ecodriving terbukti dapat menurunkan konsumsi bahan bakar dan emisi kendaraan, mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas serta kerja mengemudi menjadi lebih aman dan nyaman (stressless).

Efisiensi energi sangat diperlukan oleh banyak kalangan, karena selain dapat menghemat biaya operasional perusahaan, pada akhirnya juga dapat meningkatkan kinerja dan keuntungan, oleh sebab itu kebutuhan efisiensi energi tidak hanya diperlukan dalam kegiatan operasional perusahaan, namun juga diperlukan pada kegiatan sehari-hari,  karena karyawan yang mempunyai kesadaran tinggi pada penghematan energi akan memudahkan perusahaan dalam menerapkan kebijakan efisiensi energi di lingkungannya. Secara individu penghematan energi lebih fokus pada penghematan bahan bakar kendaraan bermotor.

Menteri Lingkungan Hidup, Prof. DR. Balthasar Kambuaya, MBA menyatakan,”Perubahan perilaku dalam mengemudi dengan prinsip eco driving dapat menghemat bahan bakar sebesar 10 – 15% yang berdampak pada penurunan beban pencemaran udara. Hal ini mendukung komitmen pemerintah untuk menurunkan emisi Gas Rumah Kaca sebesar 26% dibawah kondisi tanpa adanya intervensi kebijakan (Bussiness as usual) pada tahun 2020”

Untuk lebih menarik minat masyarakat, kegiatan Eco-Driving dibagi menjadi dua bagian yaitu Workshop dan Rally. Pagi hari dilaksanakan Workshop dan siangnya dilanjutkan dengan rally mobil. Peserta yang mengikuti workshop tidak semuanya mengikuti rally, tetapi peserta rally sebelumnya diharuskan mengikuti workshop terlebih dahulu. Workshop/Seminar Eco-Drive selama selama ± 2 (dua) jam dengan jumlah peserta 176 orang dan Eco-Driving Rally, berupa praktek Eco-Drive pada route dimulai dari Parkir Timur- Senayan-Kota Tua-Pluit dan berakhir di Parkir Timur Senayan dengan kombinasi jalan tol dan non tol (± 27 km mix traffic). Seluruh mobil yang mengikuti rally dijharuskan melakukan uji emisi di tempat dan dilakukan pengukuran konsumsi bahan bakar.

Lapiran:

Peserta Lomba Eco Driving Rally (download)

Untuk Informasi Lebih Lanjut:

Karliansyah,
Deputi MenLH Bidang Pengendalian Pencemaran,
Kementerian Lingkungan Hidup,
Tlp/Fax: 8580087,
email: humas.klh@gmail.com
Facebook: www.facebook.com/hari.lingkungan