Eco-Pesantren di Jawa Timur

90 Orang Pengurus Pondok Pesantren Dan Perwakilan Institusi Lingkungan Se Jawa Timur Ikuti Sosialisasi Program Eco-Pesantren Dan Pembentukan Kader Lingkungan  Pondok Pesantren Cluster Jawa Timur Upaya mensinergikan Program dan Kegiatan  yang diselenggarakan Pemerintah Pusat dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Propinsi atau Kabupaten/Kota adalah mutlak diperlukan terutama dalam pengelolaan lingkungan hidup yang bersifat lintas sektor dan [...]

28 Aug 2008 12:49 WIB
eco_pesantren_jatim.jpg

90 Orang Pengurus Pondok Pesantren Dan Perwakilan Institusi Lingkungan Se Jawa Timur Ikuti Sosialisasi Program Eco-Pesantren Dan Pembentukan Kader Lingkungan  Pondok Pesantren Cluster Jawa Timur

Upaya mensinergikan Program dan Kegiatan  yang diselenggarakan Pemerintah Pusat dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Propinsi atau Kabupaten/Kota adalah mutlak diperlukan terutama dalam pengelolaan lingkungan hidup yang bersifat lintas sektor dan memerlukan kerterlibatan semua pihak karena menyangkut perikehidupan orang banyak generasi saat ini dan generasi yang akan datang.

Bencana dan Kerusakan Lingkungan yang sangat luar biasa saat ini memerlukan tindakan dan aksinyata semua kita untuk mengatasinya atau minimal menguranginya, pernyataan itu disampaikan oleh Drs. Bagus Pudjiono, M.Pd. Sekretaris Bapedal Propinsi Jawa Timur  dalam sambutannya pada  Sosialisasi Progran Eco-Pesantren dan Pembentukan Kader Lingkungan Cluster Jawa Timur, yang diselenggarakan pada tanggal 26 Agustus 2008 di Hotel Inna Simpang Kota Surabaya, kerja sama antara Kementerian Negara Lingkungan Hidup dengan Bapedal Propinsi Jawa Timur, menghadirkan 90 orang peserta gabungan  yakni 50 orang perwakilan dari 25 Pondok Pesantren dan 40 orang perwakilan dari institusi lingkungan dari Kabupaten /Kota se Jawa Timur.

Sementara itu Asisten Deputi Urusan Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan dalam sambutan pembukaan acara tersebut  antara lain menyampaikan  bahwa dalam ajaran Islam sangat banyak ayat-ayat dan hadits yang membahas tentang lingkungan yang dapat dijadikan pedoman dan pegangan dalam penyelematan lingkungan. Keberpihakan para Kyai dan Santri dalam kegiatan ramah lingkungan  sangat membantu dalam upaya menyadarkan masyarakat seperti yang contohkan oleh Majelis Ulama Jawa Timur yang memfatwakan bahwa membuang sampah atau limbah ke sungai adalah haram hukumnya. Adanya fatwa seperti ini sangat baik karena upaya perbaikan lingkungan memerlukan komitmen semua pihak, tanpa dukungan dan keterlibatan masyarakat kegiatan tersebut hanya menjadi slogan belaka. Pada kesempatan tersebut Rektor IAIN Sunan Ampel mengemukakan bahwa kita selama ini sudah baik dalam hal Habluminanas dan Habluminallah, tetapi kurang dalam Habluminal Alam yakni hubungan kita dengan alam yang belum serasi dan ini menjadi lahan dakwah baru bagi para Kyai dan Ustadz.

Upaya Kementerian Negara Lingkungan Hidup mengajak Pondok Pesantren untuk peduli terhadap lingkungan diharapkan dapat didukung dan ditindak lanjuti oleh Institusi lingkungan di daerah, baik Bapedal Propinsi maupun dinas atau Bapedal Kabupaten atau Kota, terutama dalam memberdayakan Para kader lingkungan Pondok Pesantren yang akan menjadi asset dan mitra kerja Pemerintah daerah dalam melakukan aksinyata mengatasi kerusakan lingkungan di wilayahnya masing-masing.

Kegiatan tersebut  menghadirkan pembicara dari kalangan Pemerintahan dan Praktisi Lingkungan, seperti : Drs. Bagus  (Sekretaris Bapedal Propinsi Jawa Timur), Dr. H.A. Faisol Haq, M.Ag  (Praktisi Agama dan Lingkungan dari IAIN Sunan Ampel) dengan judul Pengelolaan lingkungan berdasarkan Hadits dan Teologi lingkungan, Prof. Dr. H. Nur Syam, M.Si (Rektor IAIN Sunan Ampel) dengan judul Mengembangkan Jejaring dan Kemitraan dalam mewujudkan Pesantren ramah Lingkungan dan dari Kementerian Negara Lingkungan Hidup.

Sumber :
Asisten Deputi Urusan Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan, Deputi VI, Kementerian Negara Lingkungan Hidup, Gedung B. Lantai VI, Telpon.Fax : 021- 85911211

Kerjasama

  • Luar Negeri
  • Dalam Negeri
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor
Sex izle Film izle Hd Film izle Seo Danışmanı