KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Jakarta, 10 Juni 2003 – Hari ini dan besok Ibu-Ibu Dharma Wanita Persatuan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) akan mengunjungi Biotop Dara Ulin Mahmud dan Pesantren Al-Ittifaq yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh setiap tanggal 5 Juni.

Biotop Dara Ulin Mahmud adalah salah satu kawasan yang dipakai untuk memulihkan lingkungan alam agar flora dan fauna kembali hidup di sebuah lahan yang disebut biotop tersebut. Biotop Dara Ulin Mahmud ini merupakan cerminan tumbuhnya kepedulian dan inisiatif warga masyarakat terhadap kelestarian sungai dan lingkungannya yang diharapkan dapat menjadi penunjang perbaikan iklim mikro di kawasan sekitarnya selain juga sebagai upaya pengukuhan kawasan lindung.

Pesantren Al-Ittifaq adalah merupakan lembaga masyarakat yang berbentuk pesantren. Lembaga ini telah berhasil mengelola agribisnis ramah lingkungan tanpa pestisida serta meraih penghargaan Kalpataru yang diumumkan pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia tanggal 5 Juni 2003 lalu. Dari hasil agribisnis yang dikelolanya, lembaga masyarakat ini dapat menghidupi sekitar 300 orang santri yang tinggal di sana.

Selain mengadakan kunjungan ekowisata, Dharma Wanita Persatuan KLH juga telah menyelenggarakan serangkaian acara antara lain seminar, bazaar, penanaman bakau di ruas jalan tol Cengkareng, lomba esay dan pengobatan gratis bagi warga sekitar kantor Kementerian Lingkungan Hidup.

Seminar dengan tema “Peran Serta Perempuan Dalam Meningkatkan Kualitas Lingkungan Hidup� telah diselenggarakan pada tanggal 3 Juni 2003 lalu yang dihadiri oleh sejumlah pembicara antara lain Ibu Erna Witoelar, Ibu Petty Siti Fatimah, Ibu Ully Hary Rusady, Bapak Haedar Nashir dan pembicara dari KLH sendiri yaitu Ibu Masnellyarti Hilman. Pada hari yang sama diselenggarakan pula bazaar promosi dan penjualan produk-produk ramah lingkungan di lokasi sekitar kantor Kementerian Lingkungan Hidup.

Sementara itu, pengobatan gratis bagi warga sekitar kantor Kementerian Lingkungan Hidup diselenggarakan pada hari Jum’at, 6 Juni 2003. Ratusan lebih warga datang berbondong-bondong untuk menikmati fasilitas pengobatan gratis ini. Selain berobat gratis, warga juga diberikan obat secara cuma-cuma.

Tujuan dari rangkaian kegiatan di atas diantaranya adalah sebagai sarana perwujudan peran serta Dharma Wanita KLH dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup menuju pembangunan yang berkelanjutan.

Selain itu, acara ini bertujuan pula untuk:
a. Memberikan semangat kreativitas pada setiap peserta serta memberi kesempatan pada para peserta yang berpotensi dan mempunyai keahlian yang relevan untuk mengaktualisasikan prestasi dan kemampuannya dibidang lingkungan hidup
b. Sebagai wahana pembinaan intelektual dan penyaluran minat dan bakat kaum perempuan dibidang lingkungan hidup
c. Mengembangkan kerjasama serta kemitraan dengan para perempuan dari instansi terkait
d. Meningkatkan kebersamaan dan kerjasama antar anggota Dharma Wanita Persatuan pada sektor lingkungan hidup
e. Meningkatkan kualitas hidup anggota dan masyarakat menuju hidup sehat dan sejahtera
f. Memberikan pemahaman kepada anggota dan lapisan masyarakat tentang perlunya menjaga kelestarian lingkungan hidup
g. Menanamkan kepedulian dan kesadaran tentang lingkungan hidup melalui sosialisasi dan kunjungan ekowisata

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Pekan Hari Lingkungan Hidup Dharma Wanita Persatuan KLH, silahkan menghubungi nomor telepon 021-851 8132.

Kementerian Lingkungan Hidup membuka pintu seluas-luasnya bagi masyarakat yang memiliki saran dan masukan dalam rangka kontrol masyarakat terhadap kinerja pemerintah khususnya Kementerian Lingkungan Hidup yang dapat disalurkan melalui email adu@menlh.go.id atau melalui PO BOX 7777 Jakarta Timur.