KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Jakarta, 29 Juni 2006.


Sebagai rangkaian kegiatan dalam merespon berbagai kecenderungan dampak yang diakibatkan oleh bencana gempa bumi Yogjakarta dan dampak kumulatif dari aktivitas Gunung Merapi, Asisten Deputi Bidang Data dan Informasi, Deputi Menteri urusan Pembinaan Sarana Teknis dan Peningkatan Kapasitas menyelenggarakan Expert Briefing pada tanggal 28 Juni 2006. Pertemuan ini dimaksudkan untuk menyampaikan berbagai laporan kemajuan temuan lapangan berbagai pakar dan hasil kajian awal dari Kementerian Lingkungan Hidup. Empat pakar yang dihadirkan pada pertemuan ini antara lain: Dr. Subagyo Pramuwijoyo. Jurusan Teknik Geologi, Universitas Gajah Mada, Dr. Hasanuddin Z. Abidin, Associate Professor Geodesi Satelit, ITB, Dr. Arif Sabarudin, Peneliti Pusat Penelitian Permukiman, Departemen PU dan Basuki Suhardiman, Kepala Pusat Sumberdaya Informasi, ITB. Dari team kajian Kementerian Negara Lingkungan Hidup dipresenta-sikan oleh Sdr. Farhan Helmy.

Dari pertemuan ini mengemuka pentingnya aspek bencana masuk dalam pertimbangan penataan ruang pasca bencana, tersedianya data dan informasi kualitas lingkungan skala rinci, pemetaan social network di kawasan yang terkena dampak bencana, penggalangan semua potensi pusat informasi baik pemerintah maupun non pemerintah, penggunaan dan pengawasan yang lebih ketat dalam penerapan building code, penguatan kelem-bagaan lingkungan di propinsi dan kabupaten kota serta menekankan pentingnya suatu lembaga khusus yang menangani bencana baik di tingkat nasional maupun di lingkungan internal Kementerian Lingkungan Hidup.

Dalam pertemuan ini, Bapak Deputi, Isa Karmisa, menekankan pentingnya ketersedian data dan informasi kualitas lingkungan untuk memberikan gambaran yang komprehensif mengenai kondisi serta penyusunan rencana aksi untuk rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana.

Untuk Informasi lebih lanjut:

Asisten Deputi Bidang Data dan Informasi

Deputi Pembinaan Sarana Teknis dan Peningkatan Kapasitas

Tel./Fax. 021-8580081

Email: aini@menlh.go.id