KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Udara emisi adalah udara atau komponen-komponen yang dilakukan dari suatu kegiatan pembakaran (suatu proses tertentu) yang dikeluarkan langsung dari sumbernya. Pada umumnya ada dua sumber yaitu : sumber bergerak (kendaraan bermotor) dan tidak bergerak (kegiatan industri atau incinerator).

Kegiatan proses pembakaran   atau suatu proses emisi pencemar penting untuk dilakukan pemantauannya. Hal ini berkaitan dengan peraturan yang telah dikeluarkan seperti :

  1. Kep. MenLH 13 tahun 1995 tentang Baku Mutu Emisi Sumber Tidak Bergerak
  2. Kep-03/ BAPEDAL/09/1995 tentang Baku Mutu Emisi Udara untuk Incenerator

Dengan adanya peraturan tersebut diharapkan pihak industri lebih perduli terhadap masalah lingkungan, dengan cara melakukan pengendalian pencemaran udara pada setiap proses yang menghasilkan gas buang.

Pengukuran_soleh_2.jpgPUSARPEDAL – KLH sebagai laboratorium rujukan untuk pengukuran parameter lingkungan, telah melakukan uji emisi sumber tidak bergerak sejak tahun 1997. Adapun fasilitas – fasilitas yang diukur adalah Boiler, Genset, incenerator dan fasilitas lainnya yang menghasilkan sumber gas buang.

Untuk melakukan pengukuran, pihak industri harus menyiapkan fasilitas pengukuran untuk cerobong yang akan diukur. Ketentuannya berdasar pada Keputusan Kepala Bapedal No. 205 tahun 1996 tentang pedoman teknis Pengendalian Pencemaran Udara Sumber Tidak Bergerak. Parameter–parameter yang di ukur sesuai dengan Baku Mutu yang berlaku dengan metode acuan dari SNI, JIS dan USEPA sebagai berikut:

  1. Partikulat metode isokinetik mencakup pengukuran: traverse point, temperatur gas buang, komposisi gas (CO, O2, CO2 dan N2), kadar air dan kecepatan laju alir.
  2. Untuk Gas : NOx, SO2, HF, HCL, TRS, HC, NH3

Sedangkan untuk alat-alat yang digunakan untuk pengukuran ini, harus dilakukan kalibrasi sebelumnya. Alat–alat tersebut adalah: wet gas meter, termocouple , thermometer, timer, stop watch, labu vacuum NOx, pipet, alat–alat otomatik untuk pengukuran komposisi gas. (ema&soleh)

Untuk Informasi Lebih lanjut dapat menghubungi:
Pusat Sarana Pengendalian Dampak Lingkungan
Pusarpedal Komplek Puspitek
Jl. Raya Serpong, Tangerang
Telp: 75872028