KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Kementerian Negara Lingkungan Hidup bersama-sama dengan Federal Office of Environment (FOEN) Swiss, menyelenggarakan First Meeting of Country-Led Initiative (CLI) Indonesia – Switzerland to improve Effectiveness of the implementation of the Basel Convention di Bali, pada tanggal 15 – 17 Juni 2009. Pertemuan dihadiri oleh 20 peserta dari 16 negara yaitu Argentina, Australia, Kanada, Denmark, Jerman, India, Indonesia, Jamaika, Jepang, Malaysia, Selandia Baru, Norwegia, Senegal, Uruguay dan Uni Eropa. Sedangkan negara-negara yang tidak datang adalah Brazil, Chili, China, Mesir, Hungaria, Nigeria, Polandia, Arab Saudi dan Afrika Selatan.

Pertemuan ini diselenggarakan untuk menindak-lanjuti Keputusan COP IX/26 mengenai President’s Statement on the possible way forward on the Ban Amendment, yang menegaskan kembali tujuan dari tujuan Ban Amendment dan mengundang negara-negara untuk menggali berbagai cara untuk mencapai tujuan tersebut. Keputusan ini diadopsi berdasarkan keprihatinan sebagai besar negara pihak terhadap kebuntuan perundingan mengenai pemberlakuan Ban Amendment.

Sebagai informasi, Ban Amendment adalah amandemen dari Konvensi Basel yang mengatur pelarangan perpindahan lintas batas limbah B3 untuk tujuan pembuangan maupun untuk reuse, recycle dan recovery dari negara-negara Annex VII (OECD, Uni Eropa dan Liectenstein) ke negara-negara non Annex VII. Amendemen ini telah diadopsi pada tahun 1995 akan tetapi sampai saat ini belum diberlakukan karena perdebatan interpretasi hukum mengenai Pasal 17 Ayat (5) dari Konvensi Basel yang mengatur jumlah minimum negara pihak yang meratifikasi sebagai syarat untuk pemberlakuannya.

CLI merupakan forum informal dan terbuka untuk membahas cara-cara untuk mencapai tujuan Konvensi Basel dan tujuan Ban Amendment. CLI akan menyusun rekomendasi untuk disampaikan pada COP X di Kolumbia tahun 2011. Pertemuan Pertama CLI di Bali telah mengidentifikasi berbagai permasalahan pengelolaan limbah B3 di tingkat nasional maupun perpindahan limbah B3 lintas batas negara. Hasil Pertemuan Pertama CLI telah dilaporkan kepada Pertemuan Pertama Expanded Bureau COP 9 di Jenewa tanggal 23-24 Juni 2009.

Informasi lebih lengkap dapat diunduh melalui situs Sekretariat Konvensi Basel: www.basel.int atau dapat menghubungi:

Asdep Urusan Pengelolaan B3 dan Limbah B3 Manufaktur dan Agro Industri
Gedung C lantai 2,
telp/fax. 021-85904932
e-mail: plb3_mai@menlh.go.id