KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Pada tanggal 26 Agustus 2004 di Kabupaten Majene, Sulawesi Selatan terbentuk Forum Guru Peduli Lingkungan Hidup Tingkat Sekolah Dasar (SD). Pembentukan forum guru ini merupakan bagian dari kegiatan Training of Fasilitator Pendidikan Lingkungan Hidup dan Nilai-nilai Kearifan Lokal untuk Guru-guru Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Majene, Sulawesi Selatan yang diselenggarakan pada tanggal 24 –26 Agustus 2004 atas inisiatif lokal dari Yayasan Pemuda Mitra Masyarakat Desa (YPMMD) dan diapresiasi oleh Deputi Bidang Pengembangan Peran Masyarakat, KLH cq. Asdep Urusan Masyarakat Perdesaan, Tradisional dan Adat dalam bentuk kerja sama penyelenggaraan kegiatan.

Maksud diselenggarakannya training ini, adalah dalam rangka pemberdayaan dan pengkaderan lingkungan hidup masyarakat pedesaan khususnya guru Sekolah Dasar (SD). Adapun tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan ini antara lain, meningkatnya pengetahuan dan kesadaran siswa SD terhadap pelestarian lingkungan hidup di daerahnya. Sedangkan tujuan khusus yang ingin dicapai adalah terintegrasinya pendidikan lingkungan hidup dan nilai-nilai kearifan lokal dalam kurikulum pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan menjadikannya sebagai komponen muatan lokal.

Peserta training adalah guru Sekolah Darar (SD) di Kabupaten Majene dan merupakan perwakilan dari 4 kecamatan yaitu Kecamatan Banggae, Pemboang, Sendana dan Malunda. Kepada peserta sejumlah 40 orang diwajibkan mengikuti semua materi dalam proses pelatihan karena yang dilakukan dengan sistem konsinyering selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 24 s/d 26 Agustus 2004. Penyelenggaraan Training Of Fasilitator (TOF) dibimbing oleh 2 orang fasilitator yang berpengalaman dan sudah pernah mengikuti TOT/TOF tigkat pusat maupun tingkat propinsi.

Output/keluaran dari kegiatan training of fasilitator pendidikan lingkungan hidup dan nilai-nilai kearifan lokal di Kabupaten Majene, Sulawesi Selatan antara lain:
• terbentuknya forum guru peduli lingkungan hidup tingkat SD,
• terbentuknya 40 kader individu guru Sekolah Dasar peduli lingkungan hidup,
• tertanamnya 10.000 pohon pada areal lahan kritis di desa Puttada Kecamatan Sendana seluas 15 ha,
• tersusunnya panduan praktis guru/fasilitator lingkungan hidup dan materi pendidikan lingkungan hidup bagi siswa SD kelas 5 – 6 Kabupaten Majene Sulawesi selatan

Informasi Lebih Lanjut:
Asisten Deputi Urusan Masyarakat
Perdesaan,Tradisional dan Adat(Asdep 2/III)
Telp: (021) 8520392