KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Peran serta masyarakat dalam pengelolaan dan perlindungan lingkungan
Jakarta, 7 April 2013 –  Harian KOMPAS bekerja sama dengan Grup Pakuwon menyelenggarakan Fun Bike: Bike for Nature 2013 yang pada hari minggu pagi tanggal 7 April 2013 yang berpusat di Mal Kota Kasablanka. Acara itu diikuti oleh sekitar 7000 peserta yang bersepeda hingga ke jalan Jendral Sudirman sejauh sekitar 11 kilometer melalui wilayah Kuningan.

Menteri Lingkungan Hidup, Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, MBA hadir dalam kegiatan tersebut bersama dengan KAPOLRI, Jenderal (Pol) Timur Pradopo, Chief Executive Officer (CEO) Kompas Gramedia Agung Adiprasetyo dan Direktur Grup Pakuwon, Stefanus Ridwan. Berkesempatan mengantarkan Peserta memulai “Start”, Menteri menyampaikan “Kementerian Lingkungan Hidup atas nama pemerintah memberikan apresiasi yang tinggi kepada Harian Kompas, sebagai penyelenggara acara Fun Bike: “Bike for Nature”.

Lebih lanjut disampaikan Menteri bahwa “Acara ini membuktikan kepedulian terhadap lingkungan hidup yang melakukan langkah kongkrit berbuat kepedulian lingkungan menurunkan pencemaran udara demi tercapainya Jakarta yang bersih dan segar.  Menteri mengingatkan bahwa kita hidup di satu planet yang sama sehingga harus berbuat yang terbaik untuk lingkungan dan bumi ini.“ Hadir pula pada kesempatan ini Sekretaris Kementerian Lingkungan Hidup, perwakilan dari Kementerian Kehutanan, Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Putri Indonesia.

Kementerian Lingkungan hidup terus mengapresiasi dan mendorong timbulnya inisiatif-inisiatif berbagai kelompok masyarakat dalam mengangkat kepedulian terhadap lingkungan. Dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup pada pasal 70 disebutkan bahwa Masyarakat memiliki Hak dan Kesempatan yang sama dan seluas-luasnya untuk berperan aktif dalam Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Informasi lebih lanjut:
Ir. Hermien Roosita, MM,
Sekretaris Kementerian Lingkungan Hidup,
Tlp/Fax: (021) 8580104,
email: humaslh@yahoo.com