KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Jakarta, Rabu, 26 Maret 2008, di Kementerian Negara Lingkungan Hidup dilakukan Sosialisasi dan Advokasi Strategis Pengarusutamaan Gender oleh Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan.  

Kegiatan ini, diharapkan dapat mengintegrasikan atau mengarusutamaan perspektif gender di dalam kebijakan dan program masing-masing dari tahap perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi sehingga kebutuhan, permasalahan, dan aspirasi perempuan dan laki-laki, dalam hal ini di dalam bidang lingkungan dan pembangunan berkelanjutan dapat diakomodir dan dipenuhi. 

Pengarusutamaan gender merupakan salah satu strategi yang diterapkan dalam program-program pembangunan nasional, di samping pengarusutamaan pemerintah yang baik (good governance), pengarusutamaan partisipatori dan pembangunan berkelanjutan.

Keterkaitan perempuan dalam lingkungan hidup merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan, karena perempuan dapat mempengaruhi gaya hidup keluarga dan masyarakat sekelilingnya. Perempuan dalam kesehariannya cenderung lebih dekat dengan lingkungan, seperti ketersediaan air bersih, pengelolaan sampah rumah tangga, merawat kebun, dsb. Apalagi perempuan yang berada di pedalaman, umumnya mereka mempunyai pengetahuan turun temurun mengenai tanaman obat dan kearifan lingkungan. Perempuan juga mempunyai kemampuan lebih untuk menggerakkan masyarakat, sehingga membuat perempuan berpotensi untuk gerakan lingkungan.  

Masalah yang berkaitan dengan perempuan dalam pengelolaan lingkungan hidup, dapat dibuktikan dengan semakin banyaknya penggunaan zat-zat kimia dalam rumah tangga, bahkan sampai pada masalah kecantikan. Kurangnya akses perempuan pada berbagai informasi tentang lingkungan hiduplah yang membuat perempuan berpotensi untuk merusak lingkungan dengan ketidaktahuannya. Sehingga perempuan menjadi lebih rentan terhadap dampak pencemaran dan kerusakan lingkungan.

 
Melalui Sosialisasi dan Advokasi Strategis Pengarusutamaan Gender kepada Kementerian Negara Lingkungan Hidup, diharapkan dapat meningkatkan kegiatan lingkungan hidup dan gender, dalam mengembangkan jaringan gerakan perempuan sebagai bagian dari pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan hidup.

  

Sumber :
Asisten Deputi Urusan Partisipasi Masyarakat dan Lembaga Kemasyarakatan
Pada
Deputi MenLH Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat
Jl. DI. Panjaitan Kav 24 Gedung B Lantai 5 Jakarta Timur
Telp : 021-85904919

Fax : 012-8580087