KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup seDunia pada tanggal 5 Juni 2013, Asdep Peningkatan peran organisasi kemasyarakatan, Deputi bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat melakukan kegiatan “Gerakan Aksi DAS MUSI” pada tanggal 18 Juni 2013 di Pulau Kemaro Palembang. Pada saat yang bersamaan dilakukan kegiatan penyelamatan  DAS Brantas dan DAS Bengawan Solo.

Acara ini dihadiri BLHD Prov Sumsel, BLHD Kota Palembang, Dinas Kehutanan, Diknasbud dan perwakilan dari PPE Sumatera. Kegiatan ini dihadiri juga oleh 300 peserta yang terdiri dari beberapa sekolah yaitu : SMAN 5 Palembang, SMAN 7 Palembang, SMAN 8, SMAN 12, SMAN 19, dan SMPN 32, SMPN 48 Palembang. Disamping itu perwakilan dari perguruan tinggi IBA, UTP, UNSRI, STIKPER dan Univ. Tridinanti.

Pada kesempatan ini, juga dilakukan pencanangan “Hutan Sekolah” yang ditandai dengan pembagian 1000 pohon ( Nyamplung, Mahoni, Ketapang, Kulai, dan Bungur), untuk setiap sekolah dan perguruan tinggi yang mengikuti acara, masing-masing menerima 100 pohon. Pada acara ini juga dilakukana penyebaran benih ikan di Sungai Musi, serta penanaman pohon secara serentak di bantaran Sungai Musi Pulau Kemaro dan sosialisasi/peragaan alat Biopori.

Kepala PPE Sumatera dalam sambutannya menekankan pentingnya pengelolaan DAS   haruslah berbasis pada penyadaran masyarakat.  Selama ini sungai dianggap selokan besar yang mengalir ditengah kota sedangkan fungsi ekologisnya sering terlupakan. Oleh karena itu melalui gerakan ini KLH , Provinsi Sumsel dan kota Palembang akan memindaklajuti dengan kegiatan aksi yang lebih nyata, diantaranya pembangunan infrastruktur hijau berupa biogas dan Ipal Komunal pada  DAS Musi.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Kementerian Lingkungan Hidup dengan Forum DAS Sumatera Selatan dan BLHD Provinsi Sumatera Selatan. Acara ini diliput TVRI Sumatera Selatan.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi Asdep Peningkatan Peran Organisasi Kemasyarakatan Telp. 021 – 85904919.

Sumber :
Asdep Peningkatan Peran Organisasi Kemasyarakatan