KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

buperta_cibubur.jpgSabtu, 2 Desember 2006.  Aksi tanam pohon di area Kempa IV Buperta (Bumi Perkemahan) Cibubur yang dilaksanakan oleh KPAi: Komunikasi Pengembangan Kepedulian dan Pendidikan Lingkungan Hidup dan General Electric (GE) Indonesia bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Kehutanan DKI Jakarta.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan, Staf Ahli Menteri Negara Lingkungan Hidup (MENLH) Bidang Ekonomi dan Pengentasan Kemiskinan, Kasubid Kampanye Lingkungan KLH, Staf Edukasi KLH, Perwakilan Pimpinan GE Indonesia, GE Volunteers, Kepala Sekolah SDN 12, Dewan Sekolah, Para Guru dan anak-anak kelas 5 dan 6 sekolah SDN 12 Benhil Jakarta Pusat serta lembaga lain yang mempunyai kepedulian pada lingkungan.

Dinas Pertanian dan Kehutanan menyumbangkan sebanyak 500 pohon yang terdiri dari 7 (tujuh) jenis pohon langka yang ditanam yaitu: (1)Ketapang; (2) Kenari; (3) Trembesi; (4) Kirai Payung; (5) Biola Cantik; (6) Kiserem; (7) Kiberem. Aksi tanam pohon ini dilakukan oleh para undangan dan semua  anak-anak sekolah SDN 12 Benhil.

penanaman_pohon.jpgDalam sambutannya Staf Ahli MENLH Bidang Ekonomi dan Pengentasan Kemiskinan Ir. Sri Hudiyastuti menyampaikan pesan bahwa kegiatan ini jangan hanya terfokus pada kegiatan penanamannya saja tetapi selanjutnya juga harus dipirkan pola perawatan pada pohon-pohon yang ditanam ini sehingga pohon-pohon ini dapat tumbuh sesuai dengan  yang diharapkan.

Kementerian Negara Lingkungan Hidup (KNLH) memandang bahwa kegiatan seperti ini sangat baik sehingga diharapkan dapat terus dilakukan dan semoga apa yang dilakukan pada hari ini dapat menjadi teladan bagi pihak lain untuk melakukan kegiatan yang sama.

Dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian anak-anak sejak Usia Dini untuk memelihara, menjaga dan melestarikan kelestarian ruang terbuka hijau di Jakarta tercinta karena tanaman dapat berfungsi sebagai resapan air dan polusi udara yang nyatanya diakibatkan perilaku masyarakat sendiri.

Terpilihnya SDN 12 Benhil karena SD tersebut merupakan Sekolah binaan GE Volunteers dan KPAi untuk mencapai Program Adiwiyata (Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan) yang merupakan salah satu program dari KLH.  

Sumber:

Asdep Edukasi dan Komunikasi Lingkungan
Deputi VI, Gedung B Lantai 5 KLH
Jl. D.I.Panjaitan Kav.24 Kebon Nanas
Jakarta Timur 13410
Tilp: 021-8517184,
email: adiwiyata@menlh.go.id