Kementerian Lingkungan Hidup

Republik Indonesia

Jumat 27 Januari 2012 – Dengan dasar Directive Presiden tentang Indonesia bersih 2014 serta hasil Rapat Koordinasi Terbatas dipimpim Wakil Presiden RI, akhir tahun 2011 yll, dilaksanakan pembahasan rencana program “Gerakan Indonesia Bersih, Asri, Indah (Berseri)” di Ballroom Lt 1, Hotel Lumire Jakarta Pusat pada 27 Januari 2012, atas inisiatif  Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat.

Rapat koordinasi  yang diikuti oleh seluruh wakil Kementerian dan Lembaga  terkait,  di buka oleh  Sesmenko Kesra, Indroyono Soesilo, dilanjutkan dengan  paparan Kerangka Acuan Gerakan Indonesia Berseri kemudian diskusi serta kesepakatan pembagian tugas masing-masing L/K.

Gerakan ini, mengemban Visi: Bersama Segenap Modal Sosial Bangsa, menjadikan Indonesia Bersih, Asri dan Indah, dilengkapi dengan Misinya mencakup  Menggerakan Segenap Komponen Bangsa Menuju Indonesia yang Bersih, Menggerakan Segenap Komponen Bangsa Menuju Indonesia yang Asri serta Menggerakan Segenap Komponen Bangsa Menuju Indonesia yang Indah”, ujar Indroyono.

Tujuannya adalah memotivasi dan memberikan dorongan Kepada masyarakat agar semakin peduli dalam menyehatkan lingkungannya, melalui berbagai upaya bersama dan tindakan nyata dengan sasaran Lokasinya mencakup seluruh Fasilitas Publik, Sarana Pendidikan, Sarana Kesehatan, Sarana Instansi milik pemerintah, Sarana Infrastruktur, Sarana milik Swasta dan Masyarakat yang Harus Bersih, dengan lingkungan yang bersih tanpa sampah dan kotoran; Harus Asri dengan alam hijau yang teduh dan lestari; harus Indah dengan ruang publik yang terpelihara, Harus Sehat
dan Nyaman  dengan lingkungan yang segar dan tanpa polusi”, paparnya lagi.

Dikesempatan berbeda, Wakil Presiden Boediono mengharapkan gerakan nasional perbaikan kebersihan, Indonesia Bersih, dapat diluncurkan pada Januari 2012 mendatang. Dalam rapat sebelumnya, Wapres telah menetapkan fokus gerakan Indonesia bersih. Diantaranya sarana transportasi, pembersihan sungai, sekolah, rumah sakit dan sarana kesehatan.  Wapres juga meminta Kementerian Dalam Negeri mengkoordinasikan seluruh Pemerintah Daerah yang akan menjadi ujung tombak pelaksanaan gerakan ini serta  meminta para menteri untuk menjajaki pula kerjasama dengan berbagai lembaga masyarakat madani untuk mengefektifkan gerakan ini. (ANTARA News,)

Terkait Stakeholders, Gerakan Indonesia Berseri merupakan Gerakan Nasional yang melibatkan seluruh stakeholders : Kementerian/ Lembaga Pemerintah di tingkat Pusat, Provinsi maupun Kabupaten/Kota, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Profesi, Perguruan Tinggi, Media Massa Dunia Usaha dan Masyarakat. Seperti : 1. Gerakan Indonesia Bersih  dengan Leading Sector : Kementerian LH, 2. Gerakan Indonesia Asri dengan Leading Sector: Kementerian Kehutanan, serta 3. Gerakan Indonesia Indah dengan Leading Sector: Kemenparekraf, meliputi  Seni, Budaya, Heritage, Kreatif, Inovatif.

Berbagai Rencana Aksi menguak pada pertemuan tersebut seperti : Penggalangan dukungan dan komitmen K/L & Stakeholders melalui Kampanye Indonesia Berseri, Terintegrasi Dengan Kegiatan Sektoral Terkait; Penguatan Kelembagaan Indonesia Berseri di tingkat Nasional dan Daerah; Implementasi Gerakan Indonesia Bersih; Implementasi Gerakan Indonesia Asri; Implementasi Gerakan Indonesia Indah; Media Campaign melalui media massa, tradisional dan modern; Pemberdayaan Lingkungan Masyarakat dan Penghargaan bagi Institusi K/L dan SKPD, Institusi Masyarakat dan Swasta, Individu.

Waktu dan Lokasi Pencanangan direncanakan dilakukan oleh Presiden RI pada  Februari 2012, yang secara simultan diselenggarakan secara Nasional di DKI  Jakarta, DI Yogyakarta , Sumatera Barat, Jawa Barat, Papua, dan diikuti dengan pencanangan di tingkat Provinsi dan Kab/Kota.

Guna kesuksesan gerakan tersebut, dukungan sarana prasarana yang merupakan kontribusi seluruh Kementerian/Lembaga terkait sangat diperlukan, seperti : Penyediaan Sarana Pembersih hulu , hilir ; Penyediaan Sarana Air dan fasilitas terkait untuk kebersihan air; serta Monitoring Evaluasi Pencapaian Kegiatan”,ajaknya.

Sebagai Penutup Sesmenko Kesra menyampaikan bahwa “Kegiatan Gerakan Indonesia Berseri tahun 2012 diselenggarakan secara nasional dan menyeluruh”. Kegiatan ini akan menjadi salah satu upaya strategis dari tercapainya Manusia Indonesia yang sejahtera dan berkualitas”, ujar Indroyono mengakhiri Rapat koordinasi pagi itu. (asw/humasristek).