KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

web1Wonogiri, Jawa Tengah – 1 Desember 2014. Di desa Sidoharjo, Wonogiri diadakan puncak acara Penanaman Pohon Nasional 2014 yang dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Jokowi beserta Ibu Negara dan di dampingi oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan beserta jajarannya, Muspida setempat Seperti Gubernur Jawa-Tengah, Negara sahabat, NGO dan para Gubernur penerima penghargaan pada puncak acara penanam pohon menyambut peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia 2014(HMPI)  yang jatuh tanggal 28 November dan Bulan Menanam Nasional(BMN)  pada bulan  Desember.

Sedangkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc sudah hadir sejak Jum’at, 31 Nopember 2014 untuk mengadakan rapat evaluasi tutupan lahan yang ada di Jawa Tengah Khususnya di DAS. Hal ini juga senada dengan arahan Presiden pada saat membuka acara Bulan Menanam Nasional 2014. Presiden Mengingatkan pentingnya menanam pohon sebagai bagian penting berlangsungnya ekosistem. “Indonesia Negara agraris (kaya) sudah seharusnya tidak mengimpor makanan dari luar negeri, pulangnya saya dari Luar Negeri kemarin memacu saya untuk membangun waduk? tetapi apa guna waduk jika sudah tidak ada lahan yang dapat ditanami maka waduk akan mengairi sawah jika di hulunya ditanami pohon-pohon keras, seperti mahoni, jati dll”

web8

Pada saat bersamaan Presiden meminta warga Desa Sidoharjo untuk menyebutkan 5 jenis tanaman, apabila berhasil menyebutkan Presiden memberikan hadiah sebuah Sepeda. Sebelum mengikuti acara seremonial penanaman pohon Presiden didampingi menteri menyempatkan hadir ke SMP 3 Sidoharjo sebagai sekolah Adiwiyata Mandiri. Program sekolah hijau dari KLHK yang berwawasan lingkungan.

Sedangkan Gubernur Jawa Tengah, menyampaikan masukannya semoga kegiatan yang akan datang bukan lagi seremonial tetapi dilakukan secara serentak bersama-sama rakyat.

Sedangkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyambut baik usulan Gubernur Jawa Tengah dan kemudian memberikan penghargaan kepada para Gubernur yang telah berupaya menghijaukan wilayahnya pada program tahun 2013 dan 2014.  Tahun ini Warga Desa Sidoharjo menerima bantuan 32.700 bibit pohon dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Perhutani, Budi Asih dan PMI go Green berupa pohon Jati, Sangon dan pohon buah-buahan seperti Mangga dan nangka dll.

web9Setelah Menanam pohon seperti biasanya Presiden Jokowi membuat kejutan dengan menghampiri masyarakat yang ada disekitar lapangan untuk berjabatan tangan langsung dengan masyarakat setempat. Jelas Sambutan tangan Presiden ini disambut antusias masyarakat yang ada di lapangan tersebut dan membuat kewalahan ajudan dan Paspampres maupun aparat keamanan setempat.
Setelah melakukan “blusukan” Presiden RI meninggalkan lokasi acara dengan mengendarai kendaraan menuju Bandara untuk bertolak ke Jakarta.