KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

GERAKAN PENANAMAN POHON

Kementerian Lingkungan Hidup dan Yayasan Bina Anak Indonesia Menggelar Aksi Tanam Pohon di sekitar “Kampoeng Pendidikan” di Desa Lengkong Wetan, Serpong, Tangerang

Jakarta, 9 November 2003 – Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) melalui Asisten Deputi Urusan Masyarakat Pedesaan, Tradisional dan Adat Deputi Bidang Pengembangan Peran Masyarakat KLH bekerjasama dengan Yayasan Bina Anak Indonesia (YBAI) dan masyarakat Desa Lengkong Wetan hari ini menggelar aksi nyata tanam pohon di bantaran Kali Angke, lokasi pembangunan SLTP Sadar Persatuan dan beberapa lokasi di sekitar Kampoeng Pendidikan wilayah Desa Lengkong Wetan.

Kesadaran sebagian masyarakat Desa Lengkong Wetan diwujudkan dalam sebuah program yang diprakarsai oleh Yayasan Bina Anak Indonesia (YBAI) dalam sebuah Gerakan Penanaman Pohon. Sebuah gerakan terpadu perlindungan alam yang merupakan hasil kerjasama yang sinergis antara YBAI, masyarakat dan KLH.

Wadah kegiatan penghijauan seperti ini di Kementerian Lingkungan Hidup berada di bawah Program Warga Madani, program kemasyarakatan yang mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terlibat secara aktif menghasilkan karya nyata, menanam pohon yang produktif dan sekaligus bermanfaat untuk lingkungan, yang bisa berfungsi sebagai penyangga banjir, daerah resapan air dan penyerap karbondioksida.

Tujuan dari diselenggarakannya kegiatan di Desa Lengkong Wetan ini adalah untuk menumbuhkembangkan kesadaran anak-anak dan masyarakat, khususnya warga setempat akan perlunya penghijauan, melakukan penanaman pohon pelindung dan pohon buah yang nantinya menjadi penyangga lingkungan hidup di desa tersebut serta menciptakan konservasi desa (village conservation) dalam rangka turut mewujudkan ketahanan desa.

Pohon yang ditanam pada kegiatan hari ini diantaranya adalah pohon buah yang sudah jarang dapat ditemui di Jakarta. Pohon buah tersebut diantaranya adalah duwet, buni, menteng, gandaria, kemang, lobi-lobi, berbagai jenis mangga, jambu, durian, kelapa hibrida dan sawo duren.

Lengkong Wetan, sebuah desa yang banyak menyimpan kisah perjuangan (Peristiwa Lengkong Berdarah) ini diapit oleh dua perumahan besar di pinggiran Jakarta – Tangerang, yaitu Kota Taman Bintaro Jaya dan BSD Kota Internasional Mandiri.

Beberapa tokoh besar sering mengunjungi desa ini disaat perjuangan merebut kemerdekaan diantaranya Bung Hatta, KH. Agus Salim, HOS Cokroaminoto, Ahmad Dahlan, M. Natsir dan beberapa tokoh besar lainnya, termasuk Daan Mogot (Alm), Letjen (Purn) Kemal Idris dan Letjen (Purn) Kemal Wahab.

Desa Lengkong Wetan telah ditetapkan sebagai Kampoeng Pendidikan yang Deklarasi Kerjasama Pembangunan Kampoeng Pendidikan Lengkong Mandiri telah ditandatangani pada tanggal 24 Oktober 2003 oleh YBAI serta berbagai instansi dan lembaga pemerintah maupun swasta sebagai mitra YBAI.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Gerakan Penanaman Pohon, silahkan menghubungi:
Subroto SHAsDep Urusan Masyarakat Pedesaan, Tradisional dan Adat
Jl. DI Panjaitan Kav 24 Kebun NanasJakarta Timur
T:(021) 852 0392 Fax: (021) 858 0087

Yayasan Bina Anak IndonesiaIrfan Boechari atau Boy Ferdin Boer, SE
Apartemen Taman Rasuna Wisma Kenanga Unit 1720F
Jl.HR. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan 12920
T: (021) 939 3774F: (021) 939 2145Email: ybai@cbn.net.id

Kementerian Lingkungan Hidup membuka pintu seluas-luasnya bagi masyarakat yang memiliki saran dan masukan dalam rangka kontrol masyarakat terhadap kinerja pemerintah khususnya Kementerian Lingkungan Hidup yang dapat disalurkan melalui email adu@menlh.go.id atau melalui PO BOX 7777 Jakarta Timur.