KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Untuk terus mengingatkan masyarakat akan pentingnya menjaga lapisan ozon, setiap tahun diadakan peringatan Hari Ozon Internasional. Hasil resolusi Sidang PBB ke 92 tanggal 19 Desember 1994 menetapkan tanggal 16 September sebagai Hari Ozon Internasional. Tanggal tersebut merupakan tanggal dimana Protokol Montreal tentang Tata Cara Penghapusan Bahan Perusak Ozon (BPO)ditandatangani pada tahun 1987 oleh 29 negara dan Masyarakat Ekonomi Eropa. Indonesia telah meratifikasi Konvensi Wina tentang Perlindungan Lapisan Ozon dan Protokol Montreal melalui Keputusan Presiden No. 23 tahun 1992.

United Nations Environment Programme (UNEP) mengharapkan adanya partisipasi aktif dari masyarakat dunia dalam perlindungan lapisaqn OZON, yang salah satunya dapat diwujudkan debgan turut merayakan Hari Ozon Internasional. Setiap tahun UNEP memberikan tema yang berbeda untuk peringatan hari ozon internasional. Untuk tahun 2004 UNEP menetapkan tema sebagai berikut :

“Save O3ur Sky : Ozone Friendly Palnet, Our Target”.


Dengan menciptakan lingkungan yang bersahabat dengan ozon atau ozone friendly diharapkan kondisi lingkungan mengalami perbaikan akibat berkurangnya penipisan lapisan ozon melalui program-program yang dilaksanakan di seluruh dunia.

Pengumuman Lomba Emisi Kendaraan Dinas/Operasional kantor 2004 9 September 2004


Pada tanggal 9 September 2004 Kementerian Lingkungan di bawah Deputi V – MENLH – mengadakan lomba Emisi Kendaraan Dinas/Operasional Kantor 2004 di 5 kota yaitu Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya dan Denpasar telah selesai dilaksanakan. Dan Pengumuman pemenang akan diadakan pada 9 September 2004 di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup Gd. C. Pukul 10.00 sampai selesai

Rencananya kegiatan pengumuman pemenang tersebut akan dihadiri oleh Menteri Lingkungan Hidup Nabiel Makarim di samping itu bahwa KLH bekerjasama dengan AEB akan mengadakan kegiatan uji emisi bagi seluruh kendaraan dinas dan pribadi pejabat dan staf Kementerian Lingkungan Hidup.

Informasi lebih lanjut hubungi:

Asdep Urusan Atmosfer dan Perubahan Iklim
Telp: 021-851 7164
Fax: 021 85902521
Email: ozon@menlh.go.id or ozonet@cbn.net.id

dan

Asisten Deputi Urusan Emisi Kendaraan

Kementerian Lingkungan Hidup
Telp:85911207