KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Hari Peduli Sampah Nasional, 21 Februari 2014. Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional dipicu oleh terjadinya tragedi longsor sampah di Leuwigajah, Jawa Barat pada tanggal 21 Februari 2005. Penyebab longsor tersebut, diduga karena curah hujan yang sangat tinggi serta ledakan gas metana (CH4) yang terperangkap dalam timbunan sampah. Longsoran gunungan sampah tersebut menelan lebih dari 150 jiwa yang kemudian dinyatakan sebagai bencana lingkungan. Mayoritas korban adalah penduduk di sekitar TPA yang bekerja sebagai pemulung. Sejak itu, Hari Peduli Sampah (HPS) diperingati setiap tanggal 21 Februari untuk membangun komitmen kita bersama agar bencana akibat pengelolaan sampah yang kurang baik dan tidak berwawasan lingkungan tidak terulang.

Kementerian Lingkungan Hidup – 19 Febuari 2014. Pada hari ini dalam menyambut hari Sampah (21 Februari 2014) Kementerian Lingkungan Hidup bersama dengan Kementerian Pekerjaan umum mengadakan kegiatan Media Briefing menyambut peringatan hari sampah yang akan jatuh pada tanggal 21 Febuari 2014. Kegiatan ini dihadiri oleh, Sekretaris MenLH, Ir. Hermien Roosita, MM, Deputi IV KLH Bidang Pengelolaan Bahan Berbahaya dan Beracun, Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun, dan Sampah, Drs. Rasio Ridho Sani, M.Com, MPM, Direktur Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman, Kementerian Pekerjaan Umum, Ir. Djoko Mursito, M.Eng.MM, Pelopor Bank Sampah, Prakoso, serta para wartawan.

Hari peduli sampah dijadikan momentum untuk membangun kesadaran kolektif tentang pentingnya prinsip 3R (reduce, reuse dan recycle) dalam pengelolaan sampah. Puncak peringatan HPS 2014 yang dilaksanakan pada 24 Februari 2014 di Taman Surya Kantor Walikota Surabaya mengambil tema “Gerakan Indonesia Peduli Sampah Menuju Masyarakat Berbudaya 3R untuk Kesejahteraan Masyarakat” dengan taglineIndonesia Bersih Sampah 2020”.

Pada tanggal 24 Februari 2014 Surabaya akan dijadikan tempat Deklarasi “Gerakan Indonesia Peduli Sampah Menuju Masyarakat Berbudaya 3R untuk Kesejahteraan Masyarakat” yang merupakan komitmen lebih dari 30 Bupati dan Walikota, dunia usaha dan masyarakat dalam mewujudkan Indonesia peduli sampah melalui pelaksanaan 3R.

Kementerian Lingkungan Hidup melalui Deputi MENLH Bidang Pengelolaan Bahan Berbahaya dan Beracun, Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun dan Sampah menyatakan,

“deklarasi ini penting karena merupakan tekad bersama untuk berperan aktif dalam mengelola sampah menuju kota bersih yang dapat meningkatkan taraf kesehatan, perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Semangat dan komitmen ini harus terus dijaga untuk mewujudkan “Indonesia Bersih Sampah 2020”.

Selain itu, Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia dan Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia, Kementerian Lingkungan Hidup Jepang dan United Nations Centre for Regional Development (UNCRD) akan menyelenggarakan Fifth Regional 3R Forum in Asia and The Pacifictanggal 25 – 27 Februari 2014 di Surabaya. Tema acara adalah “Multilayer Partnerships and Coalition as the Basis for 3Rs Promotion in Asia and the Pacific” (Kemitraan Multilayer dan Koalisi sebagai dasar Promosi 3R di Asia dan Pasifik).

Sementara itu Kementerian Pekerjaan Umum melalui Direktur Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman, Kementerian Pekerjaan Umum, Ir. Djoko Mursito, M.Eng. MM mengatakan,

“diperlukan kerjasama multi pihak dalam melaksanakan pembangunan sampah berbasis 3R (termasuk penanganan sampah B3 rumah tangga) dan penerapan Hanoi Declaration di Indonesia. Selain itu, dibutuhkan komitmen Pemerintah Daerah dalam peningkatan pengoperasian TPA dan keberlanjutan TPS 3R. Dibutuhkan pula sistem insentif bagi masyarakat yang berhasil melaksanakan Program 3R, serta kampanye dan pelatihan yang dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah masih perlu ditingkatkan”.

Pada saaat bersamaan sosialisasi kegiatan Hari sampah 2014,  Asisten Deputi Pengelolaan Sampah KLH, menyampaikan rangkaian Acara Hari Peduli Sampah tahun 2014. (Asdep Komunikasi, Sumber: Siaran Pers: Biro Hukum dan Humas KLH)

Informasi lebih lanjut:

  • Drs. Rasio Ridho Sani, MPM, M.Com, Deputi MENLH Bidang Pengelolaan Bahan Berbahaya dan Beracun, Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun dan Sampah, Tlp/Fax (021) 85905637, email: humaslh@gmail.com
  • Ir. Djoko Mursito, M.Eng.MM, Direktur Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman, Kementerian Pekerjaan Umum, telp: 021- 72797175, fax: 021-7261939, email: djmursito@yahoo.com

Puncak Kegiatan Hari Peduli Sampah 2014.

Deklarasi “Gerakan Indonesia Peduli Sampah”, Surabaya, 24 Februari 2014. (Pre-Event The Fifth Regional 3R Forum in Asia And The Pacific)

Pada 8 Mei 2008, Pemerintah menetapkan Undang Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah yang mengubah paradigma sederhana: kumpul, angkut, dan buang menjadi paradigm pengurangan di sumber (reduce at source) dan daur ulang sumberdaya (resources recycle). Pembatasan timbulan sampah, Pendauran-ulang sampah dan Pemanfaatan kembali sampah (3R Reduce-Reuse-Recyle) merupakan perwujudan dari prinsip pengelolaan sampah yang berwawasan lingkungan. Dalam mengalang kepedulian semua pihak melaksanakan prinsip 3R,  Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), Kementerian Pekerjaan Umum (KemenPU) dan Pemerintah Kota Surabaya memperingati Hari Peduli Sampah 2014 yang dikaitkan dengan pertemuan Pre-Event the Fifth Regional 3R Forum in Asia and the Pacific, Senin 24 Februari 2014 di Surabaya.

Pada kesempatan itu, Kota Surabaya akan menjadi tempat Deklarasi Gerakan Indonesia Peduli Sampah Menuju Masyarakat Berbudaya 3R Untuk Kesejahteraan Masyarakat” yang merupakan komitmen para Bupati, Walikota, dunia usaha dan masyarakat dalam mewujudkan Indonesia peduli sampah melalui pelaksanaan 3R. Lebih dari 30 orang Bupati dan Walikota akan hadir dalam kegiatan yang mendorong masyarakat membudayakan 3R dengan mengelola sampah. Drs. Rasio Ridho Sani, M.Com, MPM, Deputi Bidang Bidang Pengelolaan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), Limbah B3 dan Sampah KLH mengatakan bahwa Deklarasi ini penting karena merupakan tekad bersama untuk berperan aktif dalam mengelola sampah menuju kota bersih yang dapat meningkatkan taraf kesehatan, perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Semangat dan komitmen ini harus terus dijaga untuk mewujudkan “Indonesia Bersih Sampah 2020”.

Fifth Regional 3R Forum in Asia and The Pacific, Surabaya, 25 – 27Pebruari 2014

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia, Kementerian Lingkungan Hidup Jepang dan United Nations Centre for Regional Development (UNCRD) menyelenggarakan Forum 3R (reduce, reuse, recycle) se Asia dan Pasifik kelima, tanggal 25-27 Februari 2014 di Surabaya, Indonesia.  Tema acara adalah “Multilayer Partnerships and Coalition as the Basis for 3Rs Promotion in Asia and the Pacific” (Kemitraan Multilayer dan Koalisi sebagai dasar Promosi 3R di Asia dan Pasifik), bertujuan untuk mengatasi berbagai bentuk kemitraan dan koalisi untuk pelaksanaan Deklarasi HaNoi 3R (2013-2023).

Forum Regional 3R se Asia dan Pasifik ini akan dihadiri oleh Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia, Prof. DR. Balthasar Kambuaya, MBA, Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia, Ir. Djoko Kirmanto Dipl., Gubernur Provinsi Jawa Timur, Soekarwo, Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, Menteri Lingkungan Hidup Jepang, Nobuteru Ishihara dan Direktur UNCRD,Ms. Chikako Takase. Pertemuan diikuti sekitar 300 peserta dari 38 negara se Asia Pasifik, perwakilan pemerintah dari berbagai sektor diantaranya KLH, KemenPU, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perindustrian, Bupati dan Walikota, narasumber internasional, termasuk lembaga penelitian dan pengembangan lembaga 3R, Perwakilan PBB dan organisasi internasional, termasuk lembaga keuangan internasional, bank-bank pembangunan multilateral dan lembaga donor, perwakilan dari sektor swasta dan dunia usaha, LSM dan ormas.

Rangkaian Acara Hari Peduli Sampah tahun 2014

Time/Venue Provisional Programme
Senin, 24 Pebruari 2014
08.00 -11.00 

 

 

11.00 – 11.30

Acara : Deklarasi “Gerakan Indonesia Peduli Sampah Menuju masyarakat Berbudaya 3R untuk kesejahteraan Rakyat” Pre-Event The Fifth Regional 3R Forum in Asia And The PacificLokasi: Taman Surya Kantor Walikota Surabaya

Konferensi pers/doorstop

Narasumber: Menteri LH RI, Walikota Surabaya, Dirjen Cipta Karya KemenPU.

 

Selasa, 25 Pebruari 2014
Acara: The Fifth Regional 3R Forum in Asia and the PasificLokasi: Hotel Shangri La, Surabaya
08.30 – 09.00 Registration
09.00 -10.00  Opening Ceremony 1. Opening Remarks (25 min)

l  H.E. DR. Soekarwo, MM, Governor of East Java or

Ms. Tri Rismaharini, Mayor of Surabaya

l  Ms. Chikako Takase, Director, UNCRD

l  H.E. Mr. Nobuteru Ishihara, Minister of the Environment, Japan (tbc)

l  H.E. Ir. Djoko Kirmanto Dipl., Minister of Public Works, Indonesia

l  UN Resident Coordinator – Indonesia

2. Address by the Guest of Honour

3. Keynote Address (20 min)

H.E. Prof. Balthasar Kambuaya, Minister of Environment, Indonesia

10.00 – 10.3010.30 – 11.00
  • Group Photo Sessionand Break
  • Pembukaan Pameran
11.00 – 12.00R. Pelangi 3, lantai 2 Konferensi Pers:Narasumber: Menteri Lingkungan Hidup RI, Menteri PU RI, Gubernur Jatim, Walikota Surabaya

 

Kamis, 27 Pebruari 2014
12.30-13.00 

 

Closing Sessionl  Ms. Chikako Takase, Director, UNCRD

l  H.E. Mr. Nobuteru Ishihara, Minister, Ministry of the Environment, Japan (tbc)

l  Vice Minister, Ministry of Public Works – Indonesia

l  Deputy Minister MoE – Indonesia

Konperensi Pers/doorstopNarasumber:  Deputi IV KLH, Bpk. Rasio Ridho Sani dan Wamen PU, Bpk. Hermanto Dardak (tentatif)

 

Jumat, 28 Pebruari 2014
Acara: 5th High Level Seminar on Environmentally Sustainable CitiesLokasi: Hotel Sheraton, Surabaya
07.30 – 09.15
  • Opening Ceremony oleh Menteri Lingkungan Hidup RI.
  • Photo Session
  • Konperensi Pers/ Doorstop

Detail Informasi lebih lanjut:

  • Ir. Sudirman, MM, Asisten Deputi Pengelolaan Sampah KLH, tel/fax: (021) 85911208, email humaslh@gmail.com
  • Ir. Djoko Mursito, M.Eng.MM, Direktur Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman, Kementerian Pekerjaan Umum, telp: 021- 72797175, fax: 021-7261939, email: djmursito@yahoo.com
  • Pemerintah Kota Surabaya: Sdr. Ifron – Kabag Kerjasama (081553544664)

Sdr. M.Fikser – Kabag Humas (081331238819), email: surabaya.city.goverment@gmail.com