KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Jakarta – Le Meridien, 22 Februari 2007. Untuk menjawab tantangan kebakaran hutan dan lahan yang berdampak pada pencemaran asap lintas batas dan mengakibatkan perubahan iklim global serta keanekaragaman hayati, diperlukan usaha nyata dan bersama tidak hanya oleh Indonesia tetapi juga oleh negara-negara tetangga di ASEAN, masyarakat internasional, lembaga donor internasional dan regional. Upaya penggalangan diperlukan dalam hal dana dan bantuan teknis. Dalam hal ini, Indonesia dan negara tetangga ASEAN sudah mengambil prakarsa dalam penyelesaian masalah, diharapkan dukungan dan kemitraan masyarakat donor internasional akan membantu mengatasi masalah lebih efektive.

High Level International Conferences on the Implementation of Indonesia’s Comprehensive Plan of Action ( POA ) on Forest and Land Fire Control in South East Asia merupakan tindak lanjut dari Regional Workshop on Developing Integrated Action Plan in Dealing with Transboundary Haze Pollution yang telah dilaksanakan di Jakarta, 2 November 2006 yang lalu, bertujuan untuk mendiskusikan Indonesia’s Comprehensive POA dan menggalang dukungan serta kemitraan dari organisasi regional dan internasional, masyarakat donor dan badan lainnya dalam lebih mengefektifkan pelaksanaan POA. Diharapkan konferensi ini memberikan kesempatan kepada partisipan untuk membangun kerjasama dan kemitraan.

Workshop mendukung POA Indonesia dan pelaksanaannya telah disahkan oleh Menteri-Menteri Lingkungan Hidup Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Singapura dan Thailand pada First Meeting of the Sub-Regional Ministerial Streering Committee (MSC) on Transboundary Haze Pollution yang diselenggarakan bersamaan dengan ASEAN Ministerial Meeting in the Environment pada bulan November 2006 di Cebu, Philipina.

Rekomendasi dari hasil ini akan disampaikan pada 2 nd Meeting of the Sub-Regional Ministerial Streering Committee (MSC) on Transboundary Haze Pollution pada akhir Februari 2007. Output yang diharapkan dari konferensi ini adalah adanya minat dari organisasi regional dan internasional, masyarakat donor dan partner lainnya untuk mendukung kegiatan Indonesia’s Comprehensive POA , meningkatkan kerjasama dan kemitraan bersama organisasi regional dan internasional, masyarakat donor dan partner lainnya.

Partisipan pada konferensi ini akan dihadiri oleh perwakilan dan pejabat senior dari : (i). Pemerintah Indonesia tingkat Pusat dan Daerah pada sektor lingkungan hidup, kehutanan, pertanian dan perkebunan. (ii). Anggota Negara ASEAN, khususnya Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura dan Thailand,serta Sekretariat ASEAN. (iii). Dialogue Partners of ASEAN dan negara lainnya. (iv). Institusi keuangan pembangunan dan masyarakat donor. (v) Organisasi internasional dan regional dan (vi) Para pihak (swasta, perkebunan dan asosiasi pertanian)

Sumber:
Asisten Deputi Urusan Pengendalian Kerusakan Hutan dan Lahan
Kementerian Negara Lingkungan Hidup
Telp: (021) 8514392