KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

logo ekolabel_4.jpgIndonesia dalam hal ini Kementerian Negara Lingkungan Hidup melalui Program Ekolabel Indonesia telah diterima sebagai anggota Global Ecolabelling Network (GEN) pada annual general meeting 2006 yang berlangsung di Seoul, Korea Selatan.

Global Ecolabelling Network (GEN) merupakan asosiasi organisasi – organisasi ekolabel diseluruh dunia yang bersifat non-profit dan didirikan pada tahun 1994 dengan tujuan untuk meningkatkan, memajukan dan mengembangkan program ekolabel baik untuk produk maupun jasa. 

gen_2.jpgMelalui keanggotaan dalam GEN ini program ekolabel Indonesia akan lebih dikenal luas secara internasional, selain itu dapat melakukan kerjasama secara langsung dengan anggota GEN lainnya dalam hal penetapan kriteria dan kesepakatan dalam proses sertifikasi yang dikenal sebagai mutual recognation. Selain itu sebagai anggota GEN, Indonesia dapat memperoleh akses informasi tentang perkembangan ekolabel dunia, dan apabila memungkinkan akan mendapat bantuan teknis untuk mengembangkan program ekolabel serta menghadiri rapat tahunan GEN (GEN annual meeting).

Pada saat ini Kementerian Negara Lingkungan Hidup c.q. Asdep. Standardisasi Teknologi dan Produksi Bersih, Deputi VII sebagai ketua Panitia Teknis 13-03 Kualitas Lingkungan dan Manajemen Lingkungan, telah membuat kriteia ekolabel untuk 8 (delapan) kategori produk yaitu kertas cetak tanpa salut, tekstil dan produk tekstil, serbuk deterjen pencuci sintetik untuk rumah tangga, kulit jadi, sepatu kasual dari kulit, kertas kemas, kertas tisu untuk kebersihan (sanitary tissue), dan baterai primer tipe carbon zinc dan alkaline.

Pada bulan Juli 2006 telah dilaunching sertifikat ekolabel untuk produk kertas cetak tanpa salut untuk beberapa varian produk yang diproduksi oleh PT. Pindodeli dan PT.Tjiwi Kimia, Tbk. Berikutnya adalah varian produk kertas cetak tanpa salut produksi PT. Riau Andalan Pulp and Paper juga telah mendapatkan sertifikat ekolabel. Diharapkan pada awal tahun 2007, telah beredar di pasar Indonesia produk kertas cetak tanpa salut yang bertanda logo ekolabel Indonesia.

Untuk masa yang akan datang sosialisasi penerapan ekolabel akan dilakukan melalui asosiasi, lembaga swadaya masyarakat, pemerintah daerah sehingga memberikan pembelajaran kepada masyarakat untuk menggunakan produk yang memenuhi kriteria lingkungan lebih dapat diaplikasikan.

Sumber :

Asdep. Standardisasi, Teknologi dan Produksi Bersih
Deputi bidang pembinaan sarana teknis dan peningkatan kapasitas – Kementerian Negara Lingkungan Hidup
Ph./fax.  : 021 – 8584638, 85906167
Website : http://www.menlh.go.id/ekolabel-sml

Email       : ekolabel@menlh.go.id