KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Bekerjasama dengan Program Warga Madani, Lembaga Wakaf & Zakat Masjid Salman ITB menginisiasi Gerakan Wakaf Pohon dan Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan ITB (HMTL ITB) mengadakan “Gelar Peduli Lingkungan”.

GERAKAN WAKAF POHON

Dalam upaya mengembalikan potensi sumberdaya alam yang semakin terkuras; serta, dalam rangka mengamanatkan umat Islam untuk mewakafkan sebagian rezekinya untuk keperluan pelestarian lingkungan, Yayasan Sumber Ilmu beserta Lembaga Wakaf & Zakat Masjid Salman ITB menginisiasi Gerakan Wakaf Pohon.

Tujuan utama dari Gerakan Wakaf Pohon ini adalah terwujudnya konservasi lingkungan yang berbasis ekologi, ekonomi dan sosial sehingga dapat merehabilitasi sekitar 10 % luas lahan kritis yang ada di Jawa Barat. Selain menggali potensi umat muslim untuk ikut bertanggung jawab atas lingkungan sekitar, kegiatan ini mempunyai misi membangun kelembagaan yang akuntabel terkait dengan upaya-upaya pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan lingkungan.

Dalam menyebarkan informasi mengenai kegiatan ini, disitir pandangan akhlaq islam, yang menyebutkan fungsi manusia sebagai khalifah (QS 2:30) yang menuntut adanya interaksi antara manusia dan sesamanya serta manusia terhadap alam (QS 14:32-33; 31:20) yang mengandung arti pengayoman, pemeliharaan, serta pembimbingan, agar setiap mahluk mencapai tujuan penciptaannya.

Launching Gerakan Wakaf Pohon sekaligus penyaluran perdana donasi para wakif dilaksanakan pada tanggal 10 Pebruari 2004 dengan memanfaatkan momentum 1 Muharram. Pada kesempatan itu disalurkan 2000 pohon (kaliki dan buah-buahan) untuk penduduk ds. Mekarmanik, Kec. Cimenyan dan ds. Gunung Masigir, Kec. Padalarang. Pada kesempatan ini pula ditandatangani MoU antara Lurah setempat dengan pihak swasta untuk menjamin adanya pemasaran buah kaliki yang ditanam penduduk. Hal ini perlu dilakukan untuk menarik minat penduduk mau menanam pohon keras penangkal erosi ini.

Gerakan Wakaf Pohon merupakan inisiatif masyarakat dalam upaya memecahkan masalah lingkungan di sekitarnya. Upaya konservasi sumber daya alam yang melalui pendekatan religi, ekologi, ekonomi dan sosial ini merupakan kegiatan positif yang perlu disebarluaskan keberadaannya serta diduplikasi oleh kelompok masyarakat lainnya. Sesuai dengan semangat Program Warga Madani, Kementerian Lingkungan Hidup mendukung keberadaan kegiatan ini.

GELAR PEDULI LINGKUNGAN – HMTL ITB

Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan – Institut Teknologi Bandung (HMTL ITB) mengadakan “Gelar Peduli Lingkungan” yang meliputi kegiatan-kegiatan : seminar nasional, lomba debat bahasa Inggris tingkat SMA, pameran lingkungan, uji kendaraan bermotor, lomba Kreativitas Kemasan Bekas tingkat SMP dan SMA serta malam dana peduli lingkungan. Kegiatan berlangsung dari tanggal 17 hingga 25 Pebruari 2005 dengan tujuan menumbuhkan rasa peduli dan proaktif masyarakat terhadap lingkungan sekitarnya sehingga tercapai komunitas yang berkelanjutan.

Kementerian Lingkungan Hidup melalui Program Warga Madani menyambut baik kegiatan ini dan turut aktif dalam penyelenggaraan kegiatan Lomba Kreativitas Kemasan Bekas yang berlangsung pada tanggal 21 Pebruari 2004 di Aula Barat Kampus ITB. Kegiatan yang ditujukan untuk pelajar SMP dan SMA se kota Bandung ini diikuti oleh 27 kelompok dengan tema: Caring Today for a Better Tommorrow. Maksud diadakan lomba ini adalah meningkatkan pengetahuan kaum remaja terhadap permasalahan dan kualitas lingkungan hidup serta memancing partisipasi mereka dalam mengirangi pencemaran lingkungan.

Peserta lomba dituntut untuk berkreasi dengan menggunakan kemasan bekas seperti kertas, plastik, kaleng dan tidak diperkenankan untuk mengunakan bahan berbahaya dan beracun. Juri yang terdiri dari perwakilan KLH, pengajar pada Jurusan Teknik Lingkungan ITB serta pengajar dari Jurusan Aspek penilaian juri adalah penggunaan bahan dan jumlah sampah, tingkat pemanfaatan sampah, orisinalitas, kreatifitas, efektifitas dan nilai ekonomisnya. Pada kategori SMA, keluar sebagai pemenang I, II dan III : SMU 6, SMU Aloysius, SMU 21. Sedangkan kategori SMP, pemenang I, II dan III adalah SMP BPK Penabur, SMPN 13 dan SMP Aloysius.

Pada kegiatan ini dilaksanakan pula Talkshow mengenai “Pemanfaatan Sampah” yang dibawakan oleh Ibu Ir. Emenda Sembiring, MT, pengajar jurusan TL ITB yang diikuti dengan cermat oleh para pelajar dan guru pembimbing. Semangat dan minat yang menggebu serta kreatifitas yang tinggi dari para peserta menunjukkan perlunya kegiatan ini dilaksanakan secara terus menerus untuk memicu kepedulian siswa dan guru di setiap sekolah. Pada kesempatan yang baik ini, panitia HTML ITB menyatakan bahwa kegiatan ini akan diselenggarakan rutin setiap dua tahun untuk memperebutkan piala bergilir dari Menteri Negara Lingkungan Hidup.

Info lebih lanjut:
Asdep Urusan Masyarakat Perkotaan KLH
Tel/fax: 021-85911211
Email: thm@menlh.go,id, sinta@menlh.go.id