KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Jakarta, 25 Juni 2014.  Hari ini, Kementerian Lingkungan Hidup bekerjasama dengan Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) Indonesia menyelenggarakan lokakarya Hasil IPCC AR 5 dan Upaya Pengendalian Dampak Perubahan Iklim di Indonesia. Penyelenggaraan lokakarya ini bertujuanmenelaah hasil The Fifth Assessment Report (AR5)-IPCC untuk diinterpretasikan ke dalam konteks Indonesia dalam rangka penyusunan program aksi pengendalian dampak perubahan iklim. Disamping itu melalui lokakarya ini diharapkan adanya penguatan peran para peneliti dan pemangku kepentingan untuk mengembangkan dan mempublikasikan kajian ilmiah perubahan iklim Indonesia dalam jurnal nasional maupun internasional.

Dalam sambutan pembukaannya Deputi Bidang Pengendalian Kerusakan Lingkungan dan Perubahan Iklim KLH, Ir. Arief Yuwono, MA, mengatakan “Perlu dilakukan penguatan kapasitas terhadap para peneliti untuk menjadikan isu perubahan iklim sebagai materi penelitian. Hal ini perlu dilakukan guna menterjemahkan hasil IPCC tersebut untuk diinterpretasikan ke dalam konteks Indonesia.  Sehingga Indonesia tidak hanya akan terbawa agenda global yang belum tentu sesuai dengan kebutuhan dan kondisi dalam negeri”

Isu-isu penting mengenai kebijakan untuk mengatasi dampak perubahan iklim   dipaparkan dalam lokakarya ini dan menghadirkan narasumber dari Kementerian/ Lembaga terkait diantaranya :

  1. Kebijakan Riset Nasional untuk Mendukung Implementasi Pengendalian Dampak Perubahan Iklim oleh Deputi Pendayagunaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Kementerian Riset dan Teknologi,
  2. Peran perguruan tinggi dalam mendukung riset dan publikasi penelitian Perubahan Iklim oleh Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
  3. Kebijakan nasional terkait akses data iklim untuk mendukung kegiatan riset perubahan iklim oleh Deputi Klimatologi, BMKG,
  4. Gap Analisis terhadap IPCC AR5 oleh Dr. Agus Supangat.

Selain itu dilakukan Forum Group Discussion yang dibagi ke dalam tiga kelompok:
1.    Kelompok 1 : Hasil WG I IPCC AR5 (Physical Science Basis)
2.    Kelompok 2 : Hasil WG II IPCC AR5 (Impacts, Adaptation and Vulnerability)
3.    Kelompok 3 : Hasil WG III IPCC AR5 (Mitigation of Climate Change)

Masing-masing Kelompok menghasilkan Rekomendasi terkait penyusunan program aksi pengendalian dampak perubahan iklim untuk merespon hasil hasil AR5-IPCC baik yang sudah maupun yang akan dilakukan dan penguatan peran para peneliti dan pemangku kepentingan untuk mengembangkan dan mempublikasikan kajian ilmiah untuk merespon hasil hasil AR5-IPCC.

Rekomendasi yang dihasilkan dari Lokakarya ini nantinya akan disampaikan dalam acara Seminar IPCC Outreach Assesment Report 5 Working Group II and Working Group III pada tanggal 11 Juli 2014 yang diselenggarakan atas kerjasama KLH dengan BMKG.

Untuk informasi lebih lanjut:
Ir. Arief Yuwono, MA,
Deputi Bidang Pengendalian Kerusakan Lingkungan
dan Perubahan Iklim KLH,
telp/fax: 021-85904923