KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

jambore_kuningan.jpgKelompok Pecinta Alam (KPA) merupakan salah satu organisasi kepemudaan yang dapat mewadahi keinginan pemuda untuk ikut serta dalam upaya pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup. Di Kabupaten Kuningan terdapat 25 KPA yang berada pada lingkungan sekolah (SLTP dan SLTA), perguruan tinggi dan masyarakat umum, yang rata-rata setiap KPA berjumlah 30 orang. Saat ini, KPA-KPA tersebut masih sendiri-sendiri dan aktifitasnya belum bersinergi dengan para pihak dalam membela lingkungan. Untuk itulah Kementerian Negara Lingkungan Hidup (KLH) dan LSM AKAR (Aktivitas Anak Rimba) Kuningan melaksanakan Jambore Lingkungan Tahun 2008 bagi Kelompok Pecinta Lingkungan (KPA) se Kabupaten Kuningan.

Tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut, selain untuk menumbuhkan jiwa idealisme, inovasi, dan patriotisme dalam pembelaan lingkungan, juga untuk membangun forum informasi dan komunikasi di antara para KPA, meningkatkan kemampuan konservasi lingkungan, serta untuk mewujudkan sinergi dan integritas kegiatan pembelaan lingkungan dengan para pihak.

Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk perkemahan Sabtu-Minggu, pada tanggal 30-31 Agustus 2008 di Bumi Perkemahan Palutungan, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan. Kegiatan diikuti oleh 100 orang perwakilan 25 KPA se Kabupaten Kuningan. Selain mendapatkan materi tentang Global Warming dari KLH, peserta juga mendapat materi dari Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), Badan Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Kuningan, dan Dinas Kehutanan Kuningan. Kegiatan juga diisi dengan penggalian potensi KPA, penyusunan rencana tindak lanjut bersama, serta pencat seni budaya.

Sumber:
Asisten Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan
Gedung B Lt. 5 KLH