KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Makassar (ANTARA News) – Mantan Wakil Presiden, HM Jusuf Kalla (JK), meminta agar Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar tetap menjadi kampus hijau.

“Saya sangat bangga, karena sampai saat ini kampus Unhas masih tetap mempertahankan salah satu cirinya sebagai kampus hijau yang memberikan ruang bagi pelestarian lingkungan di Kota Makassar,” kata Jusuf Kalla yang juga Ketua Ikatan Alumni Unhas, di Makassar, Sabtu.

Satu hal yang terasa mencolok dan cukup menggembirakan dari kampus ini adalah kondisi kampus yang sangat rimbun dan hijau.

Menurutnya, keberadaan ruang terbuka hijau seperti di kampus Unhas merupakan salah satu solusi dalam menghadapi perubahan iklim global dewasa ini.

Kampus Unhas merupakan satu dari tiga persen Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Makassar dan bisa dikatakan Unhas merupakan salah satu kawasan hutan kota terbaik dan menjadi paru-paru Kota Makassar.

Agar kampus Unhas tetap menjadi kampus hijau, maka perlu direalisasikan program-program yang berkaitan dengan lingkungan hidup, seperti penanaman pohon, dan sebagainya,” ungkapnya.

Program penanaman pohon ini sudah pernah dilakukan di kampus berlambang ayam jago tersebut dengan menanam sebanyak 300.000 bibit pohon di seluruh kawasan kampus.

Lingkungan di setiap fakultas juga tidak luput dari program penanaman pohon ini.

“Tujuannya dari program-program seperti ini hanya satu, yakni untuk menciptakan lingkungan kampus yang hijau, sekaligus bisa menjadi bahan penelitian bagi civitas akademika,” tuturnya.(*)

(ANT-103/F003/R009)

Sumber:
Antaranews.com
Sabtu, 23 Oktober 2010 21:01 WIB