KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

MALUKU-1 copy_1.jpgHaruku, 18 November 2006. Sesuai Program warga Madani dan Inpres No. 6/2003 tentang Percepatan Pemulihan Pemba­ngun­an Propinsi Maluku dan Maluku Utara Pasca Konflik, telah dilakukan serangkaian kegiatan pemberdayaan di Maluku meliputi: identifikasi komu­nitas penegak sasi, inventarisasi sasi di berbagai komunitas adat, dialog interaktif pemberdayaan masyarakat adat, pengukuhan 150 orang kewang sebagai kader lingkungan, dan penanaman pohon.

Dialog interaktif berlangsung tanggal 18 November 2006 bertempat di Desa Haruku, Kecamatan Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Acara ini dihadiri oleh sekitar 300 orang perutusan komunitas adat di 11 desa se-Pulau Haruku, petani, nelayan, kewang, tokoh agama dan berbagai unsur masyarakat lainnya.

Pelaksanaan dialog  dimak­sud­kan untuk meningkatkan pengetahuan lingkungan, mem­ba­ngun komitmen masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan dan membina keserasian  ling­kungan sosial. Dalam dialog, masyarakat  meminta agar segera dikeluarkan Perda yang mengatur tentang Revitalisasi Pemerintahan Negeri yang memuat pelaksanaan dan perlindungan sasi, pela gandong dan tugas dan fungsi perangkat adat (antara lain kewang).

Rangkaian dialog ditandai dengan  penyampaian ko­mit­men dari masyarakat, pengu­kuhan 150 kewang sebagai kader lingkungan sekaligus sebagai penegak sasi, penanaman  pohon secara simbolik oleh Deputi VI KLH.

Pelaksanaan dialog dime­riahkan dengan penampilan tarian daerah dan paduan suara. Dalam sambutannya, Deputi Menteri Negara Lingkungan Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat mengajak para tokoh adat dan kewang untuk melahirkan  kewang-kewang  junior yang cinta lingkungan sebagaimana masyarakat Haruku yang pernah menerima Kalpataru tahun 1985 oleh karena  kegigihan kewang menjaga lingkungan melalui penerapan sasi. ***

Sumber:

Asdep Urusan Masyarakat Perdesaan
Deputi VI, Gedung B, Lantai 5 KLH
Jalan D.I. Panjaitan, Kebon Nanas
Jakarta Timur 13410
Telp (021) 8520392; Faks. (021) 8580087