KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Kader Lingkungan Hidup Masyarakat Tradisional Dan Adat Di Hulu Das Bengawan Solo, Kabupaten Karang Anyar.

kader_solo.jpgTanggal 15 April 2008 Deputi Menteri Negara LH Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat yang diwakili oleh Asdep Urusan Masyarakat Pedesaan melakukan pengukuhan kader LH masyarakat tradisional dan adat hulu DAS Bengawan Solo, Lereng Gunung Lawu Barat  sebanyak 100 0rang, dihadapan Bupati Karanganyar yang diwakili oleh Kepala Dinas LH Karanganyar, Bapedalda Propinsi Jawa Tengah, Camat Jatiyoso dan Balai Pebeníhan Tanaman Kehutanan Jawa Madura (BPTH) bertembat di Desa Wonokeling, Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar. Kader-kader LH yang baru dikukuhkan ini adalah masyarakat petani  desa Wonokeling, Ketro, Selogentar, Ngesep Kidul, dan Ngesep Lor, Kecamatan Jatiyoso.

Dalam sambutannya Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat yang dibacakan oleh Asdep Pedesaan menyatakan bahwa kader LH  adalah kepanjangan tangan Kementerian Negara LH di daerah dan diharapkan mampu menjadi garda terdepan dalam menjaga kualitas LH di daerahnya serta mampu mengajak/mendorong peran aktif masyarakat dalam  kegiatan aksi nyata dibidang pelestarian LH. Karena itu kader-kader LH ini harus berdedikasi tinggi dan mempunyai rasa tanggungjawab terhadap LH di daerahnya.

Pada desempatan ini juga dilakukan dialog interaktif antara KNLH, Bapedalda Propinsi, Dinas LH dan BPTH dengan masyarakat setempat tentang antisipasi bencana banjir dan tanah longsor. Dari hasil dialog ini dapat disimpulkam bahwa masyarakat mempunyai keinginan untuk memperbaiki LH di daerahnya antara lain melalui kegiatan penananam pohon kehutanan dan MPTS di daerah-daerah kemiringan di atas 40 derajad. Sebagai tindak lanjut BPTH Jawa Madura memprogramkan dan memfasilitasi kegiatan pembuatan kebun bibit berbasis masyarakat selama 5 tahun yang akan dimulai bulan Juni 2008 sebagai upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat akan bibit pohon. Bapedal Propinsi Jawa Tengah menyatakan dukungannya dan  tahun 2009  akan melakukan pembinaan dalam upaya meningkatan kapasitas kelembagaan kader LH

Kegiatan ini, diakhiri dengan penanaman pohon secara simbolis oleh Asdep  Pedesaan di halaman Balai Desa Wonokeling dan dilanjutkan dengan pembagian pohon kepada para kader LH sebanyak 2000 pohon untuk di tanam di daerahnya masing-masing.

Kegiatan ini  merupakan bagian dari Program Warga Madani yang selama ini dikembangkan oleh Kementrian Negara LH dan terlaksana berkat kerjasama antara KNLH dengan LSM Suple, Bapedalda Popinsi dan Dinas LH Kabupaten Kaanganyar.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Asisten Deputi Permberdayaan Masyarakat Pedesaan
Jl. D.I. Panjaitan Kav. 24, Kebon Nanas
JAKARTA TIMUR
Telp/fax : (021) 8580087.