KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

MELALUI KEGIATAN SOSIALISASI WANA-TANI
UNTUK DAERAH RAWAN LONGSOR

KLH bekerjasama dengan Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS) menyelenggarakan sosialisasi Wana-Tani Untuk Daerah Rawan Longsor di Desa Jatiwangi, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut, pada tangal 25 s/d 26 April 2005. Sosialisasi Wana-Tani Untuk Daerah Rawan Longsor, diikuti oleh 50 orang peserta yang merupakan perwakilan dari 12 desa di Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut. Mereka adalah para petani/masyarakat desa pinggir hutan yang peduli terhadap lingkungan hidup di daerahnya.

Kegiatan sosialisasi ini, dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat pedesaan mengenai segala bentuk aktivitas masyarakat yang ramah lingkungan hidup, serta pembentukan kader lingkungan hidup pedesaan, sehingga muncul pemikiran-pemikiran yang positif dari masyarakat desa dalam mencari jalan ke luar dan jalan tengah antara memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari dengan perlunya menjaga tatanan keseimbangan lingkungan alam mikro di daerah sekitarnya.

Dalam kegiatan ini, para peserta diberi pengetahuan secara umum tentang cara berwana-tani atau bercocok tanam di atas lahan yang secara geologis rawan bencana longsor, dan diberi pengetahuan jalan tengah antara menjaga keseimbangan lingkungan hidup dengan kesinambungan sumber kehidupan (sumber daya alam), serta diberi arahan tentang cara pembuatan rencana kerja kader lingkungan hidup pedesaan dalam kiprahnya di bidang lingkungan hidup. Diakhir kegiatan para peserta dikukuhkan sebagai kader lingkungan hidup pedesaan dan melakukan kegiatan penanaman pohon di daerah-daerah rawan longsor di Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut.

Output/keluaran dari kegiatan Sosialisasi Wana-Tani Untuk Daerah Rawan Longsor di Desa Jatiwangi, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut adalah terbentuknya 50 (limapuluh) kader individu, 5 (lima ) kader kelompok, tertanamnya 3.050 pohon pada areal lahan pertanian masyarakat seluas 2,5 hektar.
Informasi Lebih Lanjut:
Asisten Deputi Urusan Masyarakat Perdesaan, Tradisional dan Adat
Deputi Bidang Pengembangan Peran Masyarakat, Kementerian Lingkungan Hidup
E-mail : kalpataru@menlh.go.id
Telp : (021) 8520392