KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA


kader.jpgPada tanggal 28-30 Agustus 2006 Deputi VI Bidang Komunikasi LH dan Pemberdyaan Masyarakat (Asisten Deputi Urusan Masyarakat Pedesaan) bekerja sama dengan  Lembaga Studi Ekosistem dan Hutan (LeSEHan) menyelenggarakan Temu Stakeholders dan Pelatihan Kader LH dalam Pengelolaan SDA Ramah Lingkungan dan Pelestarian LH. Rangkaian kegiatan ini  diawali dengan Temu Stakeholders di Gedung Keuangan Kabupaten Madiun Jawa Timur.

Temu Stakeholders dibuka oleh Wakil Bupati Madiun. Hadir dalam pertemuan ini wakil-wakil dari tokoh masyarakat, tokoh agama, LSM, Muspida, Perhutani, DPRD dan instansi/dinas terkait Pemda dari 3 (tiga) Kabupaten yaitu Madiun, Magetan dan Ngawi. Dalam sambutannya Deputi VI KLH yang disampaikan oleh Asdep 4/VI mengharapkan pertemuan ini menghasilkan komitmen dan kesepakatan bersama untuk senantiasa melakukan kegiatan pengelolaan SDA ramah lingkungan dan pelestarian LH Lereng G. Lawu, dan menjadikan program kegiatan pemberdayaan masyarakat  sebagai salah satu prioritas utama dalam pengelolaan LH. Kesepakatan bersama yang dicapai dari pertemuan ini antara lain: (i) Sinkronisasi program kegiatan pemberdayaan masyarakat yang berkaitan dengan kebijakan lingkungan hidup; (ii) Mendorong adanya dukungan kebijakan dan anggaran untuk pengelolaan lingkungan hidup; dan (iii)  Membangun komitmen dan kebersamaan dengan pihak terkait untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan hidup Lereng Gunung Lawu.

Pada akhir kegiatan ini diadakan pelatihan kader LH Lereng G. Lawu selama 2 hari di Balai Desa Ngiliran, Kecamatan Panekan, Kab. Magetan, yang diikuti oleh pesera dari kader LH yang dikukuhkan pada tanggal 10 Mei 2006 bulan lalu sebanyak 150 peserta. Peserta tersebut merupakan perwakilan dari 3 Kabupaten yaitu  Madiun,  Magetan dan Ngawi.  Pelatihan ini bertujuan  meningkatkan kualitas kader LH dalam pengelolaan SDA ramah lingkungan dan pelestarian LH. Melalui kegiatan pelatihan semacam ini diharapkan pengetahuan dibidang LH meningkat. Yang terpenting mampu mengajak/mendorong masyarakat untuk melakukan pengelolaan SDA  ramah lingkungan dan pelestarian LH melalui kegiatan aksi nyata di lapangan.  Serta dapat mewakili komunitasnya untuk menyampaikan aspirasi, pandangan, informasi, dalam memperjuangkan haknya untuk mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat. Diakhir kegiatan pelatihan para peserta kader LH  membacakan dan menandatangani kesepatan untuk selalu menjaga kelestrian LH Lereng G.Lawu dan melakukan aksi penanaman pohon di sekitar Lereng Gunung Lawu.

Informasi lebih lanjut :
Asisten deputi Urusan masyaraakt Pedesaan
Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat
Kementerian Negara Lingkungan Hidup.
Telp. 021-8580087/8520392