KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Pada tanggal 30 Nopember 2005, Kementerian Negara Lingkungan Hidup melalui Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat melakukan pencanangan penanaman pohon di Desa Balairejo, Kecamatan Kalirejo, Kabupaten Lampung Selatan Propinsi Lampung. Kegiatan yang dihadiri oleh kalangan perguruan tinggi, unsur pemerintah daerah dan juga kader lingkungan yang berada di lokasi tersebut dilakukan sebagai upaya meningkatkan motivasi dan kepedulian masyarakat terhadap pengelolaan lingkungan yang baik dan sehat khususnya di daerah hulu. Kegiatan ini adalah merupakan kelanjutan dari kegiatan pemberdayaan masyarakat pedesaan yang telah dilakukan sebelumnya pada tanggal 26 sampai dengan 27 Oktober 2005 dengan melakukan peningkatan kesadaran, pemahaman dan pengetahuan masyarakat petani terhadap pengelolaan lingkungan hidup yang baik.

Di latarbelakangi dengan persoalan lingkungan hidup yang terjadi di masyarakat Kabupaten Lampung Tengah, khususnya menyangkut ketersediaan sumberdaya air guna pemenuhan kebutuhan keseharian maupun pertanian, yang merupakan dampak dari berkurangnya daerah tangkapan air, dikarenakan pemanfaatan lahan yang kurang optimal menyebabkan Kabupaten Lampung Tengah memiliki lahan kritis seluas 174.000 ha pada DAS Way Seputih dan di luar kawasan sebesar 125.000 ha. Untuk itu Kementerian Negara Lingkungan Hidup akan terus mendorong bagi upaya-upaya tumbuhnya inisiatif lokal masyarakat petani dalam pengelolaan lingkungan melalui proses pemberdayaan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut Deputi Bidang Komunikasi dan Pemberdayaan Masyarakat juga menyampaikan apresiasinya dengan memberikan beberapa jenis bibit tanaman komoditas pertanian sebanyak 10.000 bibit yang terdiri dari tangkil, kakao, sukun, mahoni, cempaka, petai dan karet, kepada kader lingkungan yang telah tergabung dalam paguyuban “LESTARI MAKMUR� dengan 125 orang anggota. Pada waktu yang bersamaan juga dilakukan kunjungan kelokasi pembibitan kakao dan tanggkil yang telah di buat oleh kader lingkungan petani Desa Balairejo.

Informasi lebih lanjut :
Asdep urusan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan
Deputi MENLH Bidang Komunikasi Lingkungan dan
Pemberdayaan Mayarakat
Jl. D.I. Panjaitan Kav. 24
Lantai 5 Gedung B – Jakarta 13410
Tel/Fax: 021-8580087