KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Pada tanggal 26-27 September 2005, Kementerian Negara Lingkungan Hidup melakukan peningkatan kapasitas dan pengembangan petani peduli lingkungan melalui pengkaderan. Kegiatan yang melibatkan 100 orang petani yang berasal dari 3 Kabupaten (Kabupaten Lampung Selatan, Tanggamus dan Lampung Tengah), bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat petani akan lingkungan hidup yang baik dan sehat dengan menekankan kepada kesadaran akan hak dan kewajiban masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup. Dengan peningkatan dan pengembangan kader petani diharapkan dapat memotivasi bagi tumbuhnya inisiatif lokal dan “demand lingkungan” dalam mengatasi masalah lingkungan sekitarnya.

Di latarbelakangi dengan persoalan lingkungan hidup yang terjadi di masyarakat, khususnya menyangkut ketersediaan sumberdaya air guna pemenuhan kebutuhan keseharian maupun pertanian, sebagai dampak dari berkurangnya daerah tangkapan air karena pemanfaatan lahan yang kurang optimal, kegiatan ini diawali dengan memberikan pemahaman masyarakat dan informasi menyangkut pengelolaan lingkungan yang berkaitan dengan masalah pertanian. Kegiatan yang kemudian dilanjutkan dengan penguatan kelembagaan masyarakat yang tergabung dalam “Paguyuban Petani Peduli Lingkungan”, diarahkan untuk membangun ruang publik dan mengoptimalisasikan peran dan fungsi kelembagaan masyarakat tersebut sehingga dapat menjadi wahana gerakan pembelaan lingkungan khususnya di bidang pertanian oleh masyarakat petani setempat. Dalam kegiatan ini juga dilakukan pengajaran tetntang pola dan teknik pembibitan serta pertanian yang ramah lingkungan yang dapat diupayakan oleh masyarakat.

Sebagai upaya lanjut dari kegiatan pemberdayaan masayrakat pedesaan ini, akan dilakukan penanaman bibit pohon oleh masyarakat sebanyak 10.000 bibit di lahan-lahan perkebunan milik masyarakat, yang direncanakan akan dilaksanakan pada musim penghujan (diperkirakan pada akhir Nopember 2005).

Informasi lebih lanjut

Asdep urusan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan
Deputi MENLH Bidang Komunikasi Lingkungan dan
Pemberdayaan Mayarakat.
Telp : 021 – 8520392