KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Jakarta, 23 Oktober 2003

Kepada Yang Terhormat
Para Pecinta Lingkungan
se-Indonesia

Kampanye Lingkungan Dalam Pemilu 2004

Saat ini status lingkungan hidup di tanah air dalam keadaan yang buruk dan kecenderungannya memburuk pula. Keadaannya demikian buruknya sampai-sampai membahayakan kehidupan manusia, terutama mereka yang berpendapatan rendah. Mereka yang meninggal karena tanah longsor, mereka yang hanyut oleh banjir, mereka yang menderita kekurangan air dan sebagainya adalah contohnya.

Walaupun komitmen pada pelestarian lingkungan sudah menjadi “komitmen” yang luas, tetapi kenyataannya komitmen ini hanyalah sebatas pidato saja. Lingkungan menjadi kedodoran pada tingkat pengambilan keputusan. Pada saat pengambilan keputusan, pada umumnya kepentingan lingkungan tidak lagi menjadi penting. Pengambilan keputusan adalah suatu proses politik. Pelestarian lingkungan menjadi tidak penting dalam proses pengambilan keputusan karena kekuatan politik pihak-pihak yang ingin melestarikan lingkungan di tanah air kita ini, kita semua perlu untuk meningkatkan kekuatan politik pelestarian lingkungan.

Akan berlangsungnya Pemilu tahun 2004 memberikan kesempatan bagi kita untuk memperkuat kekuatan politik pelestarian lingkungan. KLH dalam hal ini mulai melancarkan kampanye Pemilu 2004 dengan satu pesan, yaitu jangan pilih calon dari partai apapun, dari golongan apapun bila yang bersangkutan tidak menunjukkan komitmen terhadap pelestarian lingkungan.

Kampanye ini ditargetkan kepada dua belah pihak. Pihak pertama adalah para pemilih dengan pesan seperti tersebut diatas. Pihak kedua adalah para calon dalam Pemilu yang akan datang. Pihak kedua perlu juga diberi panduan bagaimana harus mengkomunikasikan komitmen mereka kepada para pemilih.

Sehubungan dengan kegiatan tersebut diatas, saya mohon kepada Saudara-saudari sekalian untuk berperan serta dalam kampanye ini dengan mendorong kedua pihak tersebut diatas dengan cara dan kekuatan kita masing-masing. Saya harapkan kita dapat benar-benar bekerja sama dan mengesampingkan perbedaan-perbedaan kecil antara kita demi lingkungan hidup. Untuk berdialog tentang ini dengan saya, mohon gunakan PO Box 7777 JAT 13000 atau dialog@menlh.go.id

Terima kasih.

Nabiel Makarim
Menteri Negara Lingkungan Hidup