KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

PERNYATAAN PADA MOMEN KAMPANYE BANGKIT PEMISKINAN, 16 Oktober 2006.

Kita sendiri berdiri dengan bangga bangkit sebagai bagian dari generasi yang ingin menghapus kemiskinan.

Kita tidak bisa berdiam diri ketika seorang anak lahir di negara berkembang harus meninggal 30 tahun lebih cepat, dibandingkan seorang anak yang lahir di negara maju, ketika puluhan ribu orang meninggal dengan sia-sia setiap harinya.

Kita bangkit bukan meminta sumbangan tapi untuk menuntut keadilan karena kita tahu bahwa atas nama rakyatnya, para pemimpin dunia telah berjanji untuk mengakhiri kemiskinan – janji tersebut adalah Tujuan Pembangunan Millenium atau MDGs.

Yang kita butuhkan adalah kemauan politik untuk mencapai dan bahkan melampaui tujuan-tujuan MDGs – oleh karena itu, kita sebagai bagian dari ratusan ribu individu yang peduli dari 100 negara, kini bangkit dan berkata dengan lantang:

Kepada para pemimpin dari negara maju, jadilah pemimpin yang besar.Berusahalah untuk menepati janjimu – berikan penghapusan utang, berikan bantuan yang lebih besar , ubahlah peraturan perdagangan yang dapat menolong penghapusan kemiskinan. Untuk itu Anda tahu apa yang harus anda lakukan. Lakukanlah!

Kita juga berdiri di hadapan para pemimpin negara-negara berkembang untuk mengatakan: Jadilah pemimpin besar. Jadilah tugas menyelamatkan nyawa orang miskin sebagai tanggung jawab utama kepemimpinanmu. kami mendesak Anda memperlihatkan transparansi dan akuntabilitas nyata atas penggunaan setiap uang negara, atasi masalah ketimpangan, berantaslah korupsi dimana dari diri Anda. Anda tahu apa yang harus dilakukan. Lakukanlah!

Kita bertekat menciptakan rekor dunia pada hari ini untuk jumlah orang terbanyak yang bangkit bersama, menuntut aksi yang nyata bagi penghapusan kemiskinan – tapi rekor yang sebenarnya ingin kita hancurkan adalah rekor dunia atas pengingkaran janji yang pernah dibuat terus mengabaikan si miskin. Kami tidak menginginkan rekor jumlah orang yang tewas akibat kemiskinan setiap tahunnya sepanjang hidup kami.

Kita adalah bagian dari 6 milyar suara di seluruh dunia. kita menginginkan keadilan sekarang. tidak ada lagi alasdan. Kita tidak akan lagi menerimannya.

Lantai Dasar Gedung B
Kementerian Negara Lingkungan Hidup.
Jakarta, 16 Oktober 2006.

Staf Ahli KNLH
Panitia Kampanye Bangkit.
Fax (+62-21_ 83704405 atau 8280056
Email : dodong.Cahyono@ge.com; titik@indoace.or.id
Wilson.siahaan@undp.org; wilson@cbn.net.id