KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Untitled-2 kader_1.jpgPada tahun 2007 ini,  Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat,  Kementerian Negara Lingkungan Hidup (KLH) bekerjasama dengan  Badan Lingkungan Hidup, Riset dan Teknologi Informasi (BALIHRISTI) Provinsi Gorontalo dan Yayasan Mutiara Hijau, melaksanakan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan (Tradisional dan Adat) Hulu Danau Limboto, di Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo yang dimulai sejak akhir bulan Agustus 2007.
 
Tujuan utama adalah meningkatkan kapasitas kader LH khususnya kader lingkungan pedesaan, baik individu maupun kelembagaan, melalui kegiatan pelatihan dan pembuatan kebun bibit berbasis masyarakat. Kegiatan ini, merupakan kegiatan lanjutan tahun 2006 dimana pada waktu itu KLH telah melakukan kegiatan pengkaderan lingkungan hidup   terhadap wakil-wakil  masyarakat dari 30 desa  yang tersebar di 7 kecamatan daerah hulu Danau Limboto, Kabupaten Gorontalo yaitu Kecamatan Telaga Biru, Pulubala, Bongomeme, Limboto, Limboto Barat, Batudaa, dan Tibawa.

Kader LH pedesaan  yang telah mendapatkan pelatihan, diharapkan terlatih dalam pembuatan  kebun bibit dan  mampu menularkan pengetahuannya kepada masyarakat di sekitar serta mampu menjadi  penggerak dalam pembuatan percontohan kebun bibit  berbasis masyarakat  di desanya, sebagai langkah awal memenuhi kebutuhan masyarakat akan bibit pohon bagi penghijauan lahan kritis  masyarakat dalam upaya menuju pembangunan desa wanatani  atau Desa Puspa yang mandiri. 

Kebun bibit percontohan kelompok kader LH ini, terletak di Desa Talumelito, Kecamatan Telaga Biru pada areal lahan desa seluas 0,5 ha. Saat ini, kebun bibit tersebut telah  menghasilkan bibit pohon sebanyak 5.000 yang terdiri dari jenis tanaman Jarak, Nangka dan Mahoni. Bibit pohon Nangka dibagikan pada masyarakat desa untuk ditanam pada lahan pekarangan, masing-masing KK mendapat dua pohon. Sedangkan pohon Jarak dan Mahoni ditanam di  daerah Wangea (Dusun Tiga), Kecamatan Telaga Biru yaitu salah satu lokasi lahan kritis di daerah hulu Danau Limboto.

KLH yang diwakili Kepala Bidang Masyarakat Tradisional dan Adat, Asdep 4/VI pada  acara pengukuhan Forum Komunikasi Kader LH Pedesaan (Tradisional dan Adat) Hulu Danau Limboto dan penanaman pohon di Desa Talumelito tanggal 7-8 November 2007 minggu lalu berkesempatan meninjau  kebun bibit kelompok kader  LH di Desa Talumelito.

Sumber:
Asdep Urusan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan, KLH
Telp. 021-8520392