KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

garut01.jpgPada tanggal 28 Agustus 2007 Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayan Masyarakat Kementerian Negara Lingkungan Hidup yang diwakili Kepala Bidang Masyarakat Tradisional dan Adat meresmikan kebun bibit  Kelompok Kader Lingkungan Hidup (LH) Hulu DAS Cimanuk, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut yang terbesar di 4 (empat) lokasi yaitu di desa Sukamulya,  desa Telagawangi, desa Jatiwangi dan desa Depok  sebagai langkah awal menuju desa wanatani.

Dalam perkembangannya, kebun bibit ini akan dijadikan sebagai sentra pembibitan pohon berkualitas baik tanaman kehutanan dan MPTS maupun pembuatan pupuk organik (kompos). Kebun bibit ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat setempat  serta daerah sekitar akan bibit pohon dalam upaya rehabilitasi lahan kritis masyarakat di hulu DAS Cimanuk.

Dalam kurun waktu 6 (enam) bulan setelah persemaian diharapkan kebun bibit ini  mampu memproduksi 70.000 bibit pohon tanaman kehutanan yang mempunyai nilai konservasi dan ekonomi tinggi seperti Albasia (Sengon) dan rencana akan  ditanam pada lahan kritis masyarakat di Kecamatan Pakenjeng.

garut02.jpgPada kesempatan ini, Kementerian Negara Lingkungan Hidup juga mengukuhkan 100 orang kader Pagerwana Pager Wana yang tersebar pada 12 desa di Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut menjadi kader lingkungan hidup serta mengukuhkan Forum Komunikasi Kader LH Hulu DAS Cimanuk sebagai sarana komunikasi kader LH dalam mengatasi masalah lingkungan hidup di sekitarnya.

Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama Kementerian Negara Lingkungan Hidup dengan Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS). Acara ini dihadiri Bakorwil Kab.Garut, Dirjen PLA Dep. Pertanian, BPTH Jawa dan Madura, Pemda Kabupaten Garut, Dinas Kehutanan, Dinas Pertanian, Perhutani, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama. Dalam sambutanya Dirjen PLA menyatakan bahwa pada tahun 2008  akan memprogramkan bantuan bibit pohon MPTS berkualitas sebanyak 12.000  pohon untuk disebar pada 12 desa di Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut.

Sumber :
Asisten Deputi Urusan Masyarakat Pedesaan.
Telpon/Fax: 021-8580087