KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

adi.jpgEksposing ini merupakan implementasi dari salah satu prinsip Good Environmental Government (GEG) yaitu: transparansi. 

Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara pararel dari kota Pekanbaru dan Batam pada tanggal 8, 9 dan 10 Januari 2007

Pada kegiatan ini Deputi Bidang Pengendalian Pencemaran Lingkungan, Mohd. Gempur Adnan menyampaikan terdapat 4 (empat) hal penting yang menjadi kunci keberhasilan dalam pengelolaan lingkungan khususnya lingkungan perkotaan yaitu : Komitmen, Koordinasi, Konsistensi dan Mobilisasi.

adi_tabel.jpgDalam kegiatan ini juga dipresentasikan hasil pemantauan 1 (satu) kota Batam dan Pekanbaru yang terdiri dari penilaian fisik dan evalusi tiap lokasi yang dipantau.  Hasil pemantauan 1 (satu) yang diperoleh merupakan hasil sementara yang diraih kota dalam kinerja pengelolaan kota.  Kota Pekanbaru untuk sementara menduduki urutan pertama untuk kategori Kota Besar sedangkan Kota Batam menduduki peringkat 8. 

Adapun lokasi pemantauan yang dinilai di kota Batam terdiri dari : Perumahan Menengah & Sederhana, Perumahan Pasang Surut, Jalan Arteri & Kolektor, Pasar, Pertokoan, Perkantoran, Sekolah, Rumah Sakit/Puskesmas, Hutan Kota,  Taman Kota, Terminal bus/angkot, Pelabuhan, Sungai/Danau/Kanal, Pantai Wisata, dan  TPA. Catatan yang perlu diperhatikan pada lokasi tersebut adalah kurangnya pohon peneduh atau penghijauan dan masih banyak ditemukan sampah berserakan di selokan dan di fasum misalnya Pantai Wisata. Khusus TPA, catatan tim pemantauan menyebutkan kurangnya sarana pencegahan dan pengendalian pencemaran, sampah pada zona aktif seluruhnya terbuka, tidak ada penutupan, masih ditemukan asap disebagian zona.  

Sedangkan untuk lokasi pemantauan penilaian di kota Pekanbaru relatif sama dengan  lokasi pematauan yang ada di Kota Batam, hanya ada perbedaan yaitu tidak terdapat perumahan pasang surut. 

Dari hasil penilaian diharapkan hasil evaluasi tersebut dapat memberikan gambaran dan memotivasi pemerin            tah kota Pekanbaru dan Kota Batam untuk meningkatkan kinerjanya dalam pengelolaan lingkungan perkotaan yang lebih baik sehingga dapat mewujudkan kota yang bersih dan teduh.

Sumber

Tri Bangun L. Sony
Plt. Asdep Pengendalian Pencemaran Limbah Domestik dan USK
E-mail : tblsony@menlh.go.id.  : 021 8590 4933

Telp
Fax    : 021 8590 4933 / 858 0107