KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Acara “Car Free Days” yang jatuh pada tanggal 21 September 2003, ditanggapi positif oleh masyarakat ibukota, khususnya masyarakat Jakarta. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Mitra Emisi Bersih (MEB), bekerjasama dengan Pemda DKI, Polda Metro Jaya dan Kementerian Lingkungan Hidup.

Acara dimulai pada pukul 05.00 Wib pagi. Udara pagi yang bersih memacu semangat seluruh “crew” untuk menata stan pameran di bundaran Hotel Indonesia, jam 04.00 pagi, mereka sudah harus berada di tempat.

Stan-stan pameran terdiri dari, perwakilan LSM antara lain Pelangi, Walhi Jakarta, sedangkan stan Pemda DKI mengeluarkan produk baru “Bus Way” rencananya akan beroperasi pada tahun 2004. Seperti biasa stan KLH menampilkan pemutaran film-film, pameran buku dan brosur serta poster yang diberikan secara gratis kepada masyarakat. Sedangkan Pihak penyelengara dari MEB memberikan secara gratis masker anti debu dan bakteri kepada para pengunjung yang meramaikan acara “Car free day” tersebut.

Sebelum acara penyerahan hadiah bagi para peserta lomba sepeda santai dan lomba gambar anak-anak, di isi dengan dialog interaktif yang dimoderatori dari MEB sedangkan pembicara diwakili oleh Suseno dari MEB, Rustam Efendi Dinas Perhubungan Pemda Jakarta, Ditlantas Polda diwakili Bapak Sulistio, Sedangkan dari Kementerian Lingkungan Hidup diwakili oleh Prof. Dr. Tanwir Y. Mukawi, dr., DSPA. Deputi Bidang Pengendalian Dampak Lingkungan Sumber Non Institusi Kementerian Lingkungan Hidup. Intinya bahwa dengan acara ini pencemaran gas buang kendaraan di Jakarta telah menurun hampir 50%. Pihak KLH menyarankan agar pengguna kendaraan pribadi dikurangi pemakaiannya, beralih ke kendaraan umum. Menurut data kendaraan pribadi adalah penyumbang pencemaran utama terbesar. Berkaitan dengan hal tersebut Dinas Perhubungan Pemda DKI akan meluncurkan kendaraan Bus Way yang hanya akan berhenti di tempat-tempat pemberhentian.

Banyak pihak tertarik adanya Mobile Exibition dari KLH, dan mengajak “bekerjasama” untuk mensosialisasikan program yang ramah lingkungan kepada masyarakat, baik secara pribadi maupun secara organisasi. Dengan kehadiran Mobile Exhibition masyarakat yang sedang bersantai di hari Minggu dapat pula mengisi waktu santai mereka dengan membaca dan menambah pengetahuan tentang isu-isu Lingkungan Hidup.

Untuk Informasi lebih lanjut:
Asisten Deputi Urusan Emisi Kendaraan (Asdep 1/V)
Telp/Fax: (021) 859 – 11207

Asisten Deputi Urusan Informasi
Telp/Fax: (021) 858-0081