KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Majalengka, 14 – 15 Juli 2005 – Asisten Deputi Urusan Masyarakat Pedesaan (Asdep 4/VI), Kementerian Lingkungan Hidup bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Cirebon menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Da’i Lingkungan Hidup se Kabupaten Majalengka pada tanggal 14 – 15 Juli 2005 di Pesantren Alam “Al-Mizanâ€Â? Cibolerang, Jatiwangi, Kabupaten Majalengka. Kegiatan pelatihan ini diselenggarakan dalam rangka pembinaan kader individu Da’i lingkungan hidup yang sudah terbentuk tahun 2004 yang lalu di samping untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas Da’i lingkungan hidup serta penguatan kapasitas kelembagaan Da’i dalam pengelolaan lingkungan hidup. Pentingnya dilibatkan para Da’i dalam pengelolaan lingkungan hidup karena dakwah keagamaan yang disampaikan para Da’i, merupakan salah satu cara efektif dalam proses penyadaran masyarakat pedesaan akan pentingnya pelestarian lingkungan hidup. Kemampuan Da’i dalam menyampaikan dakwah diharapkan akan mampu mengubah cara pandang, opini dan prilaku masyarakat terhadap pelestarian lingkungan hidup.

Kegiatan pelatihan, dibuka oleh Wakil Bupati Kabupaten Majalengka Kyai. H. Drs. Ilyas Helmi dan dihadiri oleh Deputi VI KLH bidang Komunikasi dan Pemberdayaan Masyarakat KLH Bapak Drs. Sudariyono. Pada kesempatan ini, Deputi VI KLH berkesempatan menyerahkan bantuan bibit pohon buah-buahan seperti durian, sukun, petai, mangga, nangka, dll. sebanyak 2000 pohon kepada peserta pelatihan. Pohon tersebut sebagian ditanam pada lahan pertanian pesantren dan sebgian lagi dibagikan kepada para peserta untuk ditanam pada lahan pekarangan rumah masing-masing.

Kegiatan ini diikuti oleh 42 orang peserta, mereka adalah para Da’i yang merupakan perwakilan dari berbagai kecamatan di Kabupaten Majalengka. Lingkup pelatihan mencakup kegiatan sosialisasi lingkungan hidup, diskusi/dialog pengelolaan lingkungan hidup menurut ajaran agama, aksi penanaman pohon, pembentukan kader lingkungan hidup, dan pembahasan/evaluasi buku panduan praktis dakwah lingkungan hidup. Setelah mengikuti pelatihan, diharapkan materi dakwah yang disampaikan para Da’i pada masyarakat lebih sering lagi mengupas masalah hubungan manusia dengan lingkungan alam, seperti bagaimana cara mengelola lingkungan alam secara bijaksana untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat, bagaimana mengatasi permasalahan lingkungan hidup yang terjadi di daerah sekitar kita, serta menjalankan hak dan kewajiban kita manusia terhadap lingkungan alam sesuai ajaran agama, atau bagaimana hukuman Allah bagi orang yang merusak lingkungan alam, apa manfaat menanam pohon menurut ajaran agama, dan masih banyak yang lain.

Keluaran yang dicapai dari kegitan ini adalah, terbentuknya 42 kader Da’i lingkungan hidup, tertanamnya 2000 bibit pohon pada lahan pertanian dan pekarangan pesantren seluas 5 hektar, terbentuknya percontohan “pesantren hijau� (pesantren peduli lingkungan hidup), bahan masukan materi buku panduan praktis dakwah lingkungan hidup untuk pencetakan tahap 2. Sedangkan hasil kegiatan yang dicapai antara lain: meningkatnya kualitas pengetahuan, pemahaman dan kepedulian kader Da’i lingkungan hidup di Kaupaten Majalengka terhadap pelestarian lingkunga hidup, meningkatnya jumlah kader Da’i lingungan hidup ditiap kecamatan Kabupaten Majalengka, meningkatnya jumlah dakwah Da’i yang megupas tentang hubungan manusia dengan lingkungan alam menurut ajaran agama.

Hasil jangka panjang yang diharapkan dari kegiatan ini antara lain: materi lingkungan hidup masuk dalam kurikulum pesantren, meningkatnya jumlah masyarakat pedesaan yang peduli terhadap lingkungan hidup, terbangunnya pesantren percontohan yaitu pesantren “hijau� dengan produk persemaian pohon, daur ulang sampah/kompos dan santri peduli lingkungan hidup.

Harapan para peserta setelah mengikuti pelatihan adalah melanjutkan kegiatan ini dengan menyusun buku materi khutbah lingkungan hidup untuk dibagikan kepada para Da’i di seluruh tanah air melaui kerjasama antara Kementerian Lingkungan Hidup dengan para peserta pelatihan.

Informasi lebih lanjut hubungi :
Asisten Deputi Urusam Masyarakat Pedesaan (Asdep 4/VI)
Deputi MENLH Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat.
Kementerian Lingkungan Hidup
Gerdung B, Lantai V
Jl. DI. Panjaitan, Kebon Nanas, Jakarta Timur
Telp: 021-8520392
Fax : 021-8580087