KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Foto KLH Pelantikan Pejabat 26 Sep 14Jakarta,26 September 2014.Menteri Lingkungan Hidup, Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, MBA pagi ini telah melantik para pejabat eselon I, II, III, dan IV di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) Jakarta. Pejabat eselon I yang dilantik yaitu Drs. Rasio Ridho Sani, M.Com, MPM sebagai Sekretaris Kementerian Lingkungan Hidup, dan Ir. Ilham Malik, MSc sebagai Deputi Bidang Pengelolaan Bahan Berbahaya dan Beracun, Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun dan Sampah KLH. Pelantikan pejabat ini dilakukan sehubungan dengan purna tugas nyaIr. Hermien Roosita, MM sebagai Sesmen KLH.Sedangkan pejabat eselon II yang dilantik yaitu Jasmin Ragil Utomo, SH., MM.,sebagai Asisten Deputi Penyelesaian Sengketa Lingkungan pada Deputi Penaatan Hukum Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup, Cicilia Sulastri, SH., M.Si, sebagai Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan pada Deputi Bidang Pembinaan Sarana Teknis Lingkungan dan Peningkatan Kapasitas, Drs. Heru Waluyo, M.Com, sebagai Asisten Deputi Pengendalian Kerusakan Lingkungan Pesisir dan Laut, serta Drs. Amral Fery, M.Si sebagai Kepala Pusat Pengelolaan Ekoregion Sumatera. Selain para pejabat eselon I dan II, MenLH juga melantik para eselon III dan IV KLH (daftar terlampir).

Menteri Lingkungan Hidup dalam Sambutan Pelantikannya menyampaikan “Selamat kepada para pejabat yang baru dilantik, tunjukan kepada semua pihak bahwa Saudara-saudara layak atas jabatan tersebut dan bertanggungjawab kepada pribadi dan Tuhan.Pelantikan yang menjadi ajang promosi dan mutasi penting untuk kinerja organisasi. KLH perlu terus mempertahankan bahkan meningkatkan kinerjanya.” Kementerian Lingkungan Hidup mendapatkan penilaian dan pemeringkatan katagori “baik” yang dilakukan oleh lembaga/instansi pemerintahan seperti Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) juga melakukan survey indeks integritas sektor layanan publik dalam memerangi korupsi di KLH. Survey tersebut dilakukan dalam rangka memberikan penilaian terhadap integritas layanan yang diberikan oleh lembaga pemerintah kepada masyarakat. Berdasarkan survey KPK tersebut, KLH memperoleh peringkat ke-2 Instansi Pusat dengan indeks integrasi tertinggi. Hasil tersebut merupakan cerminan bagaimana masyarakat memberikan penilaian yang didasarkan dari pengalaman masyarakat dalam mengurus layanan di KLH.

Selama selama 2013-2014 terdapat beberapa capaian penilaian kinerja UPT KLH yaitu dari lembaga UKP4 dengan capaian HIJAU (pemantauan target Inpres 9/2011 tentang Rencana Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi); dan Komisi Ombudsman pada Agustus 2014 dengan capaian HIJAU/BAIK (observasi monitoring kepatuhan Kementerian dalam pelaksanaan UU Nomor 25/2009). Prestasi KLH juga terlihat dengan mendapatkan peringkat HIJAUdari BAPPENAS untuk capain pelaksanaan Inpres No. 2 tahun 2014 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi (Aksi PPK) tahun 2014 periode triwulan II, dimana dari tujuh rencana aksi yang diajukan semuanya tercapai dan memuaskan. KLH juga menerima piagam Penghargaan dari Badan Kepegawaian Negara atas pelaksanaan seleksi Calon Pengawai Negeri Sipil Tahun 2013 secara transparan, akuntabel, adil serta bebas KKN dengan metode Computer Autocad Test (CAT) dalam mendukung Reformasi Birokrasi.

Kepada Pejabat Eselon I yang dilantik, MenLH menyampaikan pesannya kepada Sekretaris Kementerian Lingkungan Hidupuntuk dapat memperbaiki hasil penilaian Laporan Akuntabilitas Kinerja (LAKIP). Sedangkan kepada Deputi Bidang Pengelolaan Bahan Berbahaya dan Beracun, Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun dan Sampah KLH untuk dapat mengevaluasi lebih lanjut mengenai perizinan lingkungan yang telah maupun yang akan diterbitkan.
Untuk Informasi Lebih Lanjut:
humaslh@gmail.com / www.menlh.go.id

Lampiran:

Daftar nama yang dilantik ; [ 1-9 ]  & [ 10-16 ]