Kementerian Lingkungan Hidup

Republik Indonesia

delegasi_RI_ke_moscow_web.jpgMOSCOW, KSP 19 – 25 September 2006. Sekretaris Menteri Negara Lingkungan Hidup Ir. Arief Yuwono mengatakan, Pemerintah Rusia dan Pemerintah Kota Moscow, menanggapi dengan serius rencana kerjasama bidang Manajemen Lingkungan dan Konservasi Alam.

Hal tersebut dikatakan Arief di Moscow setelah melakukan berbagai pertemuan dengan pemerintah kota Moscow dan Pemerintah Rusia yang menangani masalah lingkungan, baru-baru ini di Moscow.

Dalam pertemuan-pertemuan tersebut, Arief Yuwono didampingi Deputi Menteri Lingkungan Hidup Bidang Peningkatan Konservasi Sumber Daya Alam dan Pengendalian Kerusakan Lingkungan Masnellyarti Hilman, Deputi Menteri Lingkungan Hidup Bidang Pengendalian pencemaran Lingkungan Gempur Adnan, Deputi Menteri Lingkungan Hidup Bidang Pembinaan Sarana Teknis dan Peningkatan kapasitas, Isa Karmisa Ardiputra, Staf Ahli Menteri Lingkungan Hidup Bidang Ekonomi dan Pengentasan Kemiskinan, Sri Hudyastuti, Staf Khusus Menteri Lingkungan Hidup Bidang Pembangunan dan Pengembangan Wilayah, Lukman F Mokoginta, Kepala Biro Umum Kementerian Negara Lingkungan Hidup Nadjib Dahlan, Dida Migfar Ridha, Kasubid Penyusunan Program Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri dan Endah Ambarwati, Kepala Sub Bidang Tata Usaha Sekretaris Menteri Lingkungan Hidup.

Pada pertemuan itu pada perinsipnya, kedua belah pihak yakin pemerintah Rusia diwakili oleh Pulikovskiy Konstantin, Chairman of Federal Environment, Industrial and Nuclear Supervision Service of Russia yang mewakili Pemerintah Pusat dan Marina Vakula, Vice-hand Of Departement For Nature Use and Environment Protectiont, sepakat untuk menindaklanjuti MoU antara kedua pemerintah yang selanjutnya akan dikoordinasikan melalui Kedutaan RI di Moscow meliputi, Konservasi Sumber Daya Alam dan Keanekaragaman Hayati, Pengendalian Pencemaran dan manajemen Limbah, Manajemen Lingkungan Perkotaan, Teknologi Terapan, pendidikan dan kepedulian terhadap lingkungan serta pertukaran informasi dan kerjasama Pembangunan dan Pelestarian Lingkungan melalui proyek-proyek di lingkungan PBB serta aktivitas global lainnya.

To Understand Rusia.
delegasi_RI_ke_moscow_2_web.jpgSesaat setelah tiba di Moscow, Tim yang dipimpin Sekretaris Menteri Negara Lingkungan Hidup Ir. Arif Yuwono, melakukan pertemuan di Kantor Kedutaan RI untuk Russia yang langsung diterima oleh Duta Besar Susanto Pudjomartono beserta Staf. Duta Besar memberikan brifing singkat tentang Russia sejak awal reformasi tahun 1990 sampai dengan 2006.

Dikatakan, “perubahannya pesat sekali dan hampir tidak terlihat lagi tanda-tanda kondisi Rusia pada jaman sebelum Glasnots dan Perestroika, yang ada sekarang Russia yang sedang giat-giatnya membangun dan mengarah pada kondisi yang Liberal Kapitalistis