KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Kementerian Lingkungan Hidup. Rapat Paripurna DPRD Provinsi Sulawesi Selatan dipimpin oleh ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan H.MOH. ROEM, SH, M.Si dilaksanakan pada hari Rabu tgl 26 Februari 2014 pukul 09.30 Wita dalam rangka Pengambilan Keputusan Terhadap Rancangan Keputusan DPRD dan Ranperda Provinsi Sulawesi Selatan tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Rapat Paripurna dihadiri Kementerian Lingkungan Hidup, Ketua DPRD kab/Kota se-Sulawesi Selatan, Kepala Badan Lingkungan Hidup Kab/Kota se Sulawesi Selatan dan Jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (eselon II dan Sekretaris / Bagian Tata Usaha Lingkup Badan, Dinas dan Biro pada Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan).

Perda Lingkungan Hidup ini merupakan Perda Inisiatif DPRD Provinsi Sulawesi Selatan yang diketuai oleh Ir. Affandy Agusman Aris dimana Perda ini adalah yang pertama tingkat Provinsi di Indonesia sejak Undang-undang No. 32 Tahun 2009 dan PP No. 27 Tahun 2012 disahkan sehingga menjadi percontohan bagi seluruh Provinsi di Indonesia, dengan memuat 17 Bab dan 183 Pasal . Oleh sebab itu Menteri Lingkungan Hidup, Prof. DR. Balthasar Kambuaya, MBA yang hadir dalam rapat Perda tersebut sangat mengapresiasi hasil keputusan tersebut. Hal ini tidak menghalangi kesibukan beliau dalam memperingati hari sampah dan pertemuan Asia Pasifik 3R yang dipusatkan di kota Surabaya.

Beberapa Faktor yang mendasari Perda Lingkungan Hidup dihasilkan antara lain : Melindungi Provinsi Sulawesi Selatan dari Pencemaran dan / atau kerusakan Lingkungan Hidup, menjamin keselamatan, kesehatan dan kehidupan masyarakat Sulawesi Selatan dan menjamin kelangsungan kehidupan makhluk hidup dan kelestarian ekosistem serta mengantisipasi Lingkungan Global.

Setelah kegiatan tersebut sebelum kembali ke Kota Surabaya untuk menjalankan lawatan kerjanya. Menteri kembali mengadakan wawancara khusus dengan TVRI Sulawesi Selatan. Tema yang diangkat kali ini adalah Kaukus Lingkungan Hidup Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. (Asdep Komunikasi Lingkungan Sumber: Sub Bagian Informasi dan Publikasi Sekretariat DPRD Prov. SULSEL Ir. Surya Darma Thomas, MM) )

Informasi Lebih Lanjut:

Deputi Menteri Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat

Ir. Ilyas Asaad, M.P.