KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Pada tanggal  30 Juni 2006 telah ditandatangani Piagam Kerjasama antara Kementerian Negara Lingkungan Hidup dengan GE Volunteers Indonesia yang bertempat di SDNP Bendungan Hilir 12 Jakarta Pusat.  Piagam Kerjasama ini adalah awal dari perwujudan komitmen GE Volunteers Indonesia untuk mendukung penerapan Program Adiwiyata di SDNP Bendungan Hilir 12 Jakarta Pusat.  Sekolah ini telah ditetapkan sebagai salah satu sekolah asuh GE Volunteers Indonesia.   Penandatanganan Piagam Kerjasama diikuti dengan penandatanganan Prasasti antara GE Volunteers Indonesia  yang diwakili oleh ketuanya Hasto Kristiyono dengan Kepala Sekolah SDNP Bendungan Hilir 12 Jakarta Pusat dan disaksikan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup yang diwakili oleh Deputi Menteri Lingkungan Hidup Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat (Deputi VI Menlh).  Acara ini juga dihadiri oleh Dr. Silviana Murni, Kepala Dinas Pendidikan Dasar Departemen Pendidikan Nasional dan Stuart Dean, Presiden GE di Asia Tenggara.

Pendidikan Lingkungan Hidup sejak usia dini akan dapat membentuk gaya hidup ramah lingkungan yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan kualitas lingkungan hidup kita. Demikian keyakinan dari para relawan GE dan KPAI (Komunikasi Pengembangan Pendidikan Lingkungan Hidup bagi Alam Indonesia) sehingga terus menerus menjalankan kegiatan pendidikan lingkungan hidup bagi para siswa Indonesia sejak tahun 1999.  

“Lingkungan hidup sangat penting bagi GE, yang bertekad membantu customer serta masyarakat untuk menjawab tantangan lingkungan melalui teknologi, produk dan jasanya yang bersih dan hijau, serta cara kerjanya yang ramah lingkungan,” kata Stuart Dean. Tambahnya, “Hari ini kami menunjukkan komitmen kami untuk mendukung program pendidikan lingkungan hidup di sekolah yang selama ini telah dijalankan oleh para relawan GE.”

“Dengan kerjasama baik dengan KNLH maupun dengan mitra kami KPAI, para relawan ingin membantu mewujudkan generasi yang sadar lingkungan, dimulai dari mendampingi sekolah asuh kami, SDN 12 membentuk kurikulum hijau serta melaksanakan kegiatan pendidikan lingkungan hidup disana,” kata Hasto Kristiyono.

GE Volunteers adalah sebuah organisasi relawan global yang dibentuk oleh para karyawan dan pensiunan General Electric (GE) di seluruh dunia yang membaktikan waktu dan tenaganya sebagai relawan untuk program sosial. GE Volunteers yang dirintis tahun 1928 sebagai GE Elfun, kini telah memiliki lebih dari 50.000 relawan di 50 negara di seluruh dunia. Di Indonesia, GE Volunteers didirikan tahun 1998 dan kini telah memiliki sekitar 500 relawan di seluruh Indonesia.

Sumber Informasi :
Asdep Edukasi dan Komunikasi Lingkungan