KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Denpasar, 30 Oktober 2012. Hari ini Kementerian Lingkungan Hidup dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Air Singapura melakukan pertemuan kerjasama program lingkungan hidup di Bali. Pertemuan ini diselenggarakan dalam rangka kerjasama bilateral ke-6 Indonesia-Singapore Environmental Partnership (ISEP). Turut hadir dalam pertemuan ini dihadiri oleh Menteri Negara Lingkungan Hidup RI, Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, MBA dan Menteri Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Air Singapura, Dr. Vivian Balakrishnan. Dalam pertemuan ini, menteri kedua negara membahas dan bertukar pandangan mengenai isu-isu lingkungan hidup yang menjadi kepentingan bersama dan berbagi pendekatan masing-masing dalam memenuhi tantangan untuk mencapai keberlanjutan lingkungan.

Para Menteri meninjau kemajuan kerjasama yang dilakukan oleh Indonesia-Singapore Joint Working Group on the Environment (ISWG). Pada pertemuan tersebut dihasilkan diskusi yang bermanfaat mengenai isu-isu lingkungan dan kerjasama terkait dengan kegiatan seperti manajemen limbah elektronik, pengelolaan sungai, dan pendidikan lingkungan di kedua negara.

Lebih jauh, para Menteri juga bertukar pandangan tentang bagaimana kedua negara dapat bekerja lebih erat untuk bersama-sama menggali berbagai peluang dalam perjanjian lingkungan hidup yang lebih dalam, terutama di bidang perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan/pasca Rio+20.

Pertemuan ini diselenggarakan dalam suasana hangat dan ramah dengan semangat persahabatan dan kemitraan antara kedua negara. Para Menteri juga mempertimbangkan kerjasama baru, termasuk peningkatan kapasitas bagi pemerintah daerah dalam pengelolaan sumber daya air. Kedua Menteri juga membahas penggunaan teknologi pemetaan dan Geographic Information System (GIS) untuk memantau kejadian kabut asap.

Untuk Informasi Lebih Lanjut:

Ir. Hermien Roosita, MM.
Sekretaris Kementerian Lingkungan Hidup,
telp. 021–8580104,
email: humas@menlh.go.id