KERJASAMA DEPARTEMEN PERINDUSTRIAN DAN KEMENTERIAN NEGARA LINGKUNGAN HIDUP DALAM PENERAPAN PRODUKSI BERSIH DI SEKTOR INDUSTRI

Pada hari selasa, 10 Maret 2009 telah dilakukan penandatanganan Nota Kesepakatan antara Kementerian Negara Lingkungan Hidup dengan Departemen perindustrian dalam penerapan Produksi Bersih di sektor Industri oleh Deputi Pembinaan Sarana Teknis dan Peningkatan Kapasitas KNLH Bapak Sudariyono dan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri Bapak Dedy Mulyadi. Acara tersebut dihadiri oleh beberapa pejabat eselon 1(satu) [...]

12 Mar 2009 15:56 WIB
pakde_mou.jpg
Pada hari selasa, 10 Maret 2009 telah dilakukan penandatanganan Nota Kesepakatan antara Kementerian Negara Lingkungan Hidup dengan Departemen perindustrian dalam penerapan Produksi Bersih di sektor Industri oleh Deputi Pembinaan Sarana Teknis dan Peningkatan Kapasitas KNLH Bapak Sudariyono dan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri Bapak Dedy Mulyadi. Acara tersebut dihadiri oleh beberapa pejabat eselon 1(satu) dan 2(dua) dilingkungan Kementerian Negara Lingkungan Hidup dan Departemen perindustrian dan undangan lainnya dari beberapa instansi.

Nota kesepakatan ini dimaksudkan untuk melaksanakan kerjasama kegiatan penerapan  Produksi Bersih pada sektor Industri di Indonesia  melalui Balai-balai  industri yang tersebar diseluruh Indonesia, sehingga terjadi peningkatan kapasitas industri didalam mengelola lingkungan melalui produksi bersih. Selain itu kerjasama tersebut untuk memberikan pelayanan teknis bagi industri agar lebih bersih, efisien dan ramah lingkungan sehingga dapat memacu terbentuknya green industries di Indonesia.

Pada saat ini terdapat 11 Balai Besar Industri dan 11 Balai Riset dan Standarisasi dibawah Departemen Perindustrian yang dapat digunakan secara potensial untuk pengembangan dan penerapan produksi bersih. Walaupun   Balai–balai tersebut telah mempunyai SDM yang handal dibidang produksi bersih  dan bahkan sudah sering melaksanakan kegiatan dibidang produksi bersih, dengan adanya kerjasama ini  akan lebih  meningkatkan  hasil yang memuaskan bagi penerapan produksi bersih di industri, karena masing-masing pihak mempunyai peranan dan   tanggung jawab yang jelas  sesuai kapasitas masing-masing.    Peningkatan kapasitas tersebut akan menggunakan modul-modul    serta menggunakan pakar-pakar dibidang produksi bersih yang sudah terdaftar   dan  telah dikeluarkan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup c.q.   Pusat Produksi Bersih Nasional (PPBN).

Seperti diketahui penerapan produksi bersih sebagai salah satu strategi pengelolaan lingkungan hidup yang bersifat preventif, terpadu dan diterapkan secara terus menerus mulai dari hulu ke hilir yang terkait dengan proses produksi pada industri dapat mencegah terjadinya penecemaran lingkungan dan mengurangi terbentuknya limbah pada sumbernya, maka pengembangan dan penerapan produksi bersih dapat menjadi instrument penting dalam menjawab permasalahan lingkungan sekaligus mewujudkan tercapainya ekoefisiensi.

Walaupun Produksi bersih saat ini masih bersifat  sukarela untuk diterapkan namun pada penilaian Proper yang dilakukan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup bahwa bagi industri yang ingin  mendapatkan kriteria hijau maka penerapan produksi bersih merupakan persyaratan. Disamping itu penerapan produksi bersih akan dapat menjadi jembatan dalam   tuntunan perdagangan bebas  yang mempersyaratkan barang/jasa ramah lingkungan.

Salah satu produk unggulan yang telah dihasilkan PPBN dengan dukungan ProLH-GTZ dan dipresentasikan pada acara tersebut yaitu MeLOK (Manajemen Lingkungan berorientasi Keuntungan) mendapat perhatian dari Balai-balai industri untuk diterapkan. Karena penerapan Melok :

-    Merubah cara pandang bahwa pengelolaan lingkungan tidak selalu berarti tambahan biaya tetapi mampu memberikan keuntungan financial bagi perusahaan .
-    Keuntungan dari segi financial dengan kemampuan mengidentifikasi dan menurunkan biaya material, energy dan air.
-    Pengelolaan lingkungan dapat dilakukan secara berkelanjutan, dengan melibatkan tim dari perusahaan /internal (bagian produksi, lingkungan , keuangan dan perawatan)
Kerjasama ini akan ditindak lanjuti dengan pelaksanaan program yang akan dibicarakan secara terperinci dengan masing – masing Balai dan Baristan dengan koordinasi Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan  Sumber daya Lingkungan Hidup & Energi, DR. Agus Wahyudi Departemen perindustrian.
 
Sumber:
PUSAT PRODUKSI BERSIH NASIONAL (PPBN)
Kantor Sarpedal, Gedung 210
Komplek PUSPIPTEK
Jln. Raya Puspiptek, Serpong-Banten
Telp./Fax (021) 7564080, 7564088
Website : www.ppbn.or.id
Email     : info@ppbn.or.id

Kerjasama

  • Luar Negeri
  • Dalam Negeri
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor
Sex izle Film izle Hd Film izle Seo Danışmanı