KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Isu lingkungan hidup tidak bisa dihentikan dan itu terus akan bergulir seiring dengan lajunya pembangunan yang berjalan. Berbagai program pengelolaan lingkungan hidup terus pula dilakukan dalam upaya mengatasi degradasi lingkungan yang terjadi. Dari berbagai program yang dikembangkan ada satu program penting yang perlu terus dikembangkan yaitu program peningkatan pengetahuan dan kesadaran masyarakat. Melalui program ini maka pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan isu-isu lingkungan hidup diharapkan akan meningkat – dan pada akhirnya tujuan kemitraan untuk pengelolaan lingkungan hidup akan terlaksana. Kemitraan para pihak adalah kunci utama bagi berhasilnya pembangunan di bidang lingkungan hidup.

Untuk tujuan itu, Kementerian Lingkungan Hidup telah bekerjasama dengan pihak SCTV dalam pembuatan paket DAF (Di Ambang Fajar). Program kerjasama ini telah menginjak tahun ke-4 dan program ini akan terus dilanjutkan pada tahun 2005.

Program DAF adalah suatu kajian isu lingkungan hidup melalui pendekatan agama Islam. Program ini disiarkan secara rutin pada setiap hari Selasa, Pukul 04.30 WIB di stasiun SCTV. Program ini dikemas dalam konsep Tafakur Alam (shooting out door). Selama kurun waktu yang berjalan, kegiatan shooting/pembuatan paket DAF ini selain dilakukan di wilayah DKI Jakarta juga telah dilakukan shooting di beberapa wilayah, seperti : Bandung , Solo, Sukabumi, dan Bogor.

Untuk tahun 2004 telah dibuat sebanyak 48 paket, dengan topik yang beragam berdasarkan isu lingkungan hidup yang mengemuka dan dibahas oleh berbagai narasumber, baik dari Kementerian lingkungan hidup, pakar lingkungan, LSM maupun tokoh masyarakat.

Informasi lebih lanjut dan saran dapat menghubungi :
• Plt. Asisten Deputi Informasi
Kementerian Lingkungan Hidup
Drs. Rasio Ridho Sani, M. Com, MPM
Telp/Fax. : (021). 8580081