KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Jakarta, 28 April 2006 - Peranserta dan keberdayaan masyarakat dalarn pengelolaan lingkungan hidup sangat penting dan diperlukan. Untuk itu Kementrian Lingkungan Hidup melalul Program Warga Madani berupaya mendorong meningkatkan peran serta dan keberdayaan masyarakat lokal dalarn pengelolaan lingkungan hidup untuk menjawab tantangan terciptanya masyarakat madani. Masyarakat madani diharapkan mempunyai kesadaran akan hak lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berdaya atau mampu melakukan tuntutan mendapatkan lingkungan yang baik dan sehat serta mandiri dalarn mencipta, berkehendak dan menjalankan inisiatif lokal.

"Kesadaran lingkungan haruslah menjadi bangunan kokoh suatu masyarakat yang timbul sebagai kebutuhan sosial budaya. Bangkitnya kesadaran lingkungan haruslah menjadi keunggulan nilai-nilai spiritual keagamaan, moral dan budaya bangsa. Formalitas dan ritualistik pengelolaan lingkungan hidup akan menghasilkan kesadaran semu, jika hanya menyentuh permukaan kehidupan masyarakat. Dalam konteks itu, peran PGI diharapkan akan lebih banyak lagi berkiprah dalam melestarikan lingkungan, sehingga dapat menyentuh relung kehidupan masyarakat melalul sentuhan moral spiritual". Hal itu disampaikan oleh Menteri Negara Lingkungan Hidup dalam rangkaian penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Kementerian Negara Lingkungan Hidup (KNLH) dengan PGI (Persatuan Gereja-Gereja Indonesia) di Jakarta pada tanggal 28 April 2006.

Keberadaan Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) sebagai salah satu lembaga masyarakat di bidang keagamaan sangat strategis dalarn menunjang upaya pelestarian lingkungan. KNLH mengajak peranserta Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia untuk meningkatkan kepedulian umat kristiani dibawah PGI yang mengintegrasikan ajaran kristiani dengan upaya pelestarian lingkungan sehingga dapat memperkuat peningkatan landasan moral, nilai dan etika lingkungan. Sehubungan dengan itu, maka Menteri Negara Lingkungan Hidup, Rachmat Witoelar , menandatangani Piagam Kerjasama bersama-sama dengan Ketua PGI, Pdt. Dr. Andreas A. Fewangoe di Kantor KNLH.

Bersamaan dengan Acara Penandatanganan Piagarn Kerjasama ini, dilaksanakan juga Diskusi mengenal Peran Umat Kristiani dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup. Salah satu. narasumber dalarn acara ini adalah Angelina Sondakh yang dikenal sebagal anggota DPR, pemerhati lingkungan dan seorang nasrani yang taat. Diskusi ini diharapkan dapat mencari solusi terhadap permasalahan higkungan hidup ditinjau dari perspektif iman Kristen yang mempercayai bahwa bumi diciptakan TUHAN baik adanya.

 

Untuk informasi lebih lanjut:

Asdep Urusan Partisipasi Masyarakat,
Kementerian Negara Lingkungan Hidup
Tel: 021-85904919, fax: 021-8580087,

email: dodos@menlh.go.id
web: www.menlh.go.id