KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Kementerian Lingkungan Hidup. Jakarta, 4 Maret 2014. Hari ini Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia, Prof. Balthasar Kambuaya, MBA, menerima kunjungan Delegasi Polandia untuk Green Technology Mission, yang dipimpin oleh Secretary of State of Water Resources, H.E. Stanislaw Gawlowski. Delegasi Polandia terdiri pejabat tinggi yang terdiri dari unsur Kementerian Lingkungan Hidup Polandia, Presiden Lembaga Pengelolaan Air Nasional, Kepala Lembaga Meterologi dan Pengelolaan Air, dan dua presiden direktur perusahaan. Dubes RI untuk Polandia, Darmansjah Djumala dan Dubes Polandia untuk RI, H.E. Tadeusz Szumowski juga turut hadir mendampingi delegasi ini. Pertemuan di Kementerian Lingkungan Hidup pagi ini merupakan pertemuan awal yang sekaligus peluncuran kerjasama di bidang teknologi ramah lingkungan.

Tujuan kunjungan Delegasi Polandia untuk Misi Green Technology ini adalah untuk menjajaki berbagai kerjasama terkait “green technology” baik dengan Kementerian Lingkungan Hidup maupun mitra di daerah yang akan dikunjungi (DKI Jakarta, Sumatera Selatan dan Kalimantan Selatan). Bagi Indonesia, kerjasama ini diharapkan dapat membantu KLH dalam mengembangkan GREEN TECHNOLOGY ROAD MAP. Sedangkan, bagi Pemerintah Daerah kerjasama ini peluang mendapatkan informasi dan transfer teknologi untuk Pengelolaan Sungai, Sampah dan Pengelolaan Limbah Domestik. Kunjungan Tim pemerintah Polandia ini akan berlangsung mulai hari ini 4 Maret 2014 sampai dengan 11 Maret 2014.

“Saya sangat menyambut baik kehadiran Delegasi polandia untuk pengembangan teknologi hijau. Dalam 3 bulan kedepan, hasil dari misi ini diharapkan dapat menjadi rencana aksi kedua negara untuk kerjasama ke depan. Saya berharap misi ini dapat membantu Pemerintah Daerah terkait dalam upaya pengelolaan sungai di daerah masing-masing,” demikian arahan Menteri LH RI, Prof. Balthasar Kambuaya. Pada saat ini KLH bersama dengan KADIN dan BPPT sedang mengembangkan Green Technology Road Map untuk memberikan petunjuk bagi investasi, baik milik pemerintah maupun swasta, yang berwawasan lingkungan.

Kedatangan Delegasi Polandia untuk Misi Green Technology ini merupakan tindak lanjut dari ditandatanganinya MoU Menteri LH RI, Prof. Balthasar Kambuaya dengan Menteri LH Polandia, HE Marcin Corolec tentang Climate Change, Environmental Technologies for air pollution, water pollution and waste management, Environmental Sustainable Development, dan Ozone Layer Protection pada tanggal 20 November 2013. Pada saat penandatanganan, dilakukan pula pertemuan bilateral yang menyepakati untuk fokus pada pengelolaan sungai di Sumatera dan Kalimantan terutama untuk pengelolaan sampah dan limbah cair.

Pada kunjungannya ke Indonesia, Delegasi Polandia untuk Misi Green Technology ini akan mengunjungi beberapa daerah diantaranya : (1.) DKI Jakarta, dengan kegiatan mengamati Sungai Ciliwung ruas  Pasar Baru  – Jembatan Lima bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta. (2.) Sumatera Selatan akan diterima oleh Gubernur dan Walikota Palembang untuk melihat Sungai Musi, Sungai Sekanak, Bank Sampah, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, PDAM dan tempat pembuatan Songket dan Pulau Kemaro. (3.) Kalimantan Selatan akan diterima oleh Gubernur dan Walikota Banjarmasin untuk melihat Sungai Barito, TPA, Sungai Martapura, PDAM, Pesantren Darussalam dan beberapa daerah tujuan wisata seperti: Pasar Terapung, Pulau Kembang, Penjualan batu dan Pembuatan Kain Kalimantan.

Untuk keterangan lebih lanjut :
Ir. Hermien Roosita, MM,
Sekretaris Kementerian Lingkungan Hidup,
Telp : 021-8517182.
Email: humaslh@gmail.com
website: www.menlh.go.id