KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Kerjasama pertukaran data dan informasi antara pusat dan daerah mengenai lingkungan hidup ditandatangani kesepakatannya pada tanggal 15 Juli 2003 oleh Deputi VII mewakili Kementerian Lingkungan Hidup bersama dengan wakil-wakil Pemerintah Daerah Propinsi dan Kabupaten/Kota.

Adapun maksud dari kesepakatan kerja sama tersebut adalah bertujuan untuk membangun jaringan atau network antara Kabupaten/Kota, Propinsi dan Pusat implementasi dari Bapedal Regional Network Project. Komponen yang dibangun dalam program ini adalah Environmental Impact Management Information System, Kementerian Lingkungan Hidup telah membangun sistem informasi yang melibatkan 7 propinsi dan 14 kabupaten/kota.

Pemilihan Propinsi didasarkan pada kepedulian terhadap masalah lingkungan dilihat dari aspek ketersediaan data dan informasi dalam rentang waktu 10 tahun yaitu tahun 1990 – 2000. Sedangkan pemilihan Kabupaten/Kota ditetapkan oleh propinsi dengan kriteria berada di daerah hulu dan hilir suatu daerah aliran sungai yang menjadi prioritas untuk dikendalikan pencemarannya;

Ketujuh propinsi yang bersedia melakukan kerjasama pertukaran data dan informasi adalah;
1. Propinsi Riau;
2. Propinsi Sumatera Selatan;
3. Propinsi Jawa Tengah;
4. Propinsi Jawa Timur;
5. Propinsi Kalimantan Selatan;
6. Propinsi Kalimantan Timur;
7. Propinsi Sulawesi Selatan;

Ke empat belas Kabupaten/Kota yang dipilih oleh propinsi adalah sebagai berikut:
1. Kabupaten Kampar;
2. Kabupaten Siak;
3. Kabupaten Lahat;
4. Kota Palembang;
5. Kabupaten Pekalongan;
6. Kota Pekalongan;
7. Kota Malang;
8. Kota Surabaya;
9. Kabupaten Kotabaru;
10. Kota Banjarmasin;
11. Kabupaten Kutai Kartanegara;
12. Kota Samarinda;
13. Kabupaten Gowa;
14. Kota Makasar;

Pola kesepakatan kerjasama ini merupakan modul kerjasama pengelolaan lingkungan hidup yang melibatkan Pemerintah Pusat, Propinsi dan Kabupaten/Kota sesuai dengan kewenangan masing-masing. Saat ini sebagian besar peralatan teknologi informasi sudah terpasang di kantor-kantor Bapedal Propinsi dan Kabupaten/Kota sebagaimana tersebut di atas. Tahap selanjutnya adalah instalasi aplikasi-aplikasi dan workshop yang ditargetkan sampai dengan bulan September 2003.

Acara penandatanganan ini dihadiri oleh para Kepala Bapedal dari Propinsi Riau, Sumatera Selatan, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan timur, dan Sulawesi Selatan. Pada saat ini hanya Bapedal Propinsi Jawa Tengah tidak dapat hadir dikarenakan harus mengikuti rakorbag.

Para Bupati dan walikota yang hadir antara lain dari Kota Malang, Kota Banjarmasin, Kabupaten Kotabaru. Para Kepala Bapedal Kabupaten dan Kota yang hadir adalah dari Kabupaten Kampar, Kabupaten Siak, Kabupaten Lahat, Kota Palembang, Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, Kota Malang, Kota Surabaya, Kabupaten Kotabaru, Kota Banjarmasin, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kota Samarinda, Kabupaten Gowa, dan Kota Makasar.


Untuk
Melihat sambutan Menteri Negara Lingkungan Hidup;

Untuk Informasi Lebih Lanjut:
Asisten Deputi Urusan Informasi;
Nomor Telepon: (021) 8580081