KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

PT. Toyota Motor Dapat Memenuhi Permintaan Witness Test, Di Dalam Negeri Yang Diajukan Oleh Pemerintah Sesuai Dengan Kepmen-LH No. 141 Tahun 2003

Pada tanggal 20 April 2005, atas undangan PT.Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Departemen Perhubungan/Dirjen Hubdat dan Kementerian Lingkunga Hidup/Asisten Deputi Urusan Emisi Kendaraan untuk menyaksikan test ulang untuk mobil Merk Toyota Fortuner 2.7 VA/T (TGN51R-NKPSKD), dengan kategori kendaraan Mobil Penumpang 4 x 4, M1 (bensin) serta jenis penggerak Cetus Api. Kendaraan tersebut dirakit di Thailand dan test peformance mesinnya di Jepang tahun 2004. Kegiatan ini dilakukan atas permintaan Departemen Perhubungan agar test ulang dilakukan di Indoesia dengan menggunakan protokol Euro 2.

Pada mulanya ada ketakutan pihak Astra bahwa test kemungkinan besar tidak lulus, karena pada saat ini test dilakukan memakai bahan bakar yang beredar dipasaran market fuel , jenis Pertamax Plus. Padahal yang seharusnya test dilakukan dengan menggunakan bahan bakar referensi (fuel reference) yang spesifikasi bahan bakar sesuai Euro 2.

Hasil test menunjukkan bahwa kendaraan Merk Toyota Fortuner 2.7 VA/T (TGN51R-NKPSKD), ternyata lulus uji emisi sesuai kriteria Euro 2 pada Kepmen LH No. 141 tahun 2003 tentang Ambang Batas Kendaraan Bermotor Tipe Baru dan Curren Production (yang sedang di produksi).
Kegiatan diatas dapat memacu terus terlaksananya penerapan Kepmen LH No. 141 tahun 2003 dan selanjutnya pemerintah dapat menetapkan secara kontinu sambil menunggu kelengkapan lainnya seperti Laboratorium yang Terakreditasi.

Informasi lebih lanjut Hubungi
Asdep Urusan Emisi Kendaraan
emisikendaraan@menlh.go.id
Alamat : Gd. C Kementerian Lingkungan Hidup
D.I. Panjaitan Kav.24. Jakarta-Timur
Telp/Fax. 021-8591 1207