KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Siaran Pers

Jakarta, 11 Maret 2004  Sebagai tindaklanjut kerjasama Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) dengan Kamar Dagang Indonesia (KADIN) dalam memperkuat komitmen para pengusaha dalam pelestarian lingkungan, hari ini Menteri Negara Lingkungan Hidup, Nabiel Makarim, MPA, MSM, bertemu dengan pengurus KADIN yang baru, di bawah pimpinan Ketua KADIN, Mohamad S. Hidayat. Dengan terbentuknya kepengurusan KADIN yang baru, diharapkan kerjasama antara KLH dan KADIN dapat terus ditingkatkan.

Dalam pertemuan ini, Menteri Negara Lingkungan Hidup menyampaikan rasa terima kasih kepada KADIN atas dukungan dan peran aktifnya dalam menggalang kepedulian pengusaha dalam pelestarian lingkungan. Peran pengusaha dalam pelestarian lingkungan dapat membantu menekan laju kerusakan ‚?, demikian komentar Nabiel.

Salah satu hal yang dibicarakan dalam pertemuan ini adalah upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kepedulian pengusaha dalam pelestarian lingkungan antara lain melalui penaatan peraturan lingkungan, mempertimbangkan produksi bersih, mengembangkan image lingkungan dan partisipasi nyata dalam usaha pelestarian.

Dalam kesempatan ini, Menteri Negara Lingkungan Hidup juga meminta dukungan dan partisipasi KADIN dalam program-program KLH seperti, Program Bangun Praja, Program Warga Madani, PROPER, Program Langit Biru, Program Bank Pohon dan program lainnya.

Program Kerjasama KLH dan KADIN berada di bawah Program Warga Madani. Kerjasama yang sudah terjalin sejak ditandatanganinya Piagam Kerjasama pada tanggal 5 November 2002 telah ditandaklanjuti dengan berbagai kegiatan antara lain, penanaman pohon di lebih dari 15 kota, partisipasi di berbagai konferensi internasional mengenai lingkungan dan Indonesia Summit on Sustainable Development (ISSD).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Kerjasama dengan KADIN atau Program Warga Madani, silakan menghubungi:

Ir. Tuti Hendrawati Mintarsih, MPPPM.
Asisten Deputi Bidang Urusan Masyarakat Perkotaan
Tel : (021) 8591 1211
Email : thm@menlh.go.id